HETANEWS

Pembahasan LKPj 2014 dan LKPj AMJ Hulman Sitorus Diwarnai Ledakan Emosi dan Kecuekan

Ilustrasi kerja sekwan yang cenderung malas.

Siantar, hetanews.com- Pembahasana LKPj 2014 dan LKPJ AMJ 2010-2015 walikota Hulman Sitorus terkesan ‘lawak-lawak’ di mata masyarakat Siantar, karena sesion dramanya terkadang dipenuhi dengan ledakan emosi dari tim pansus dan ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, serta dibumbuhi dengan kecuekan kerja dari Sekwan Mahadi Sitanggang, yang tidak bekerja sesuai dengan tupoksinya.

Ada pemandangan menarik terjadi di kantor DPRD, Rabu (13/5). Kadis Perindag Zainal Siahaan bersama rombongan,  atas perintah Sekda Drs Donver Panggabean harus mengikuti RDP dengan pansus, disesuaikan dengan surat yang dilayangkan oleh Sekwan Mahadi Sitanggang.

Batalnya Rapat dengar Pendapat (RDP) antara pansus dengan Disperindag Pemko Siantar lantas membuat Hendra Pardede, anggota Pansus yang tidak ikut pergi ke Jakarta untuk Konsultasi kepada Biro Hukum Depdagri mengaku heran dengan kehadiran Disperindag. "Ada ya datang, saya tidak tahu itu. Tunggu,tunggu ya," cetusnya setengah heran, Rabu (13/5).

Menurut keterangan dari Zainal Siahaan, undangan yang diterima Disperindag 3 hari lalu dari Sekretariat Daerah, untuk menghadiri RDP dengan Pansus LKPj TA 2014 dan LKPj AMJ Walikota Periode 2010-2015.Sementara Sekwan, Mahadin Sitanggang malah buang badan terhadap kerjanya untuk menyurati kembali SKPD untuk mengatur jadwal ulang dan mengatakan, ketua Pansus dan lainnya melakukan informasi informal terhadap pimpinan SKPD yang dipanggil.

"Surat memang kita layangkan,tetapi surat pembatalan RDP disebabkan Pansus pergi ke Jakarta tidak kita buat. Mungkin Pansusnya melakukan komunikasi informal kepada setiap SKP," tutur Sekwan Mahadin Sitanggang, tanpa menyadari bahwa membuat surat pembatalan adalah tugasnya.  

Menurut Sekwan, ada permintaan dari pansus agar pihaknya melakukan pemanggilan ulang terhadap SKPD yang menjadi prioritas untuk dilakukan RDP. Ada beberapa dinas yang telah disurati kembali agar tidak terulang seperti kejadian Disperindag, yang datang namun pansus sedang berada di Jakarta.

"Pimpinan DPRD atas permintaaan Pansus melakukan pemanggilan pada hari Jumat (15/05 ) terhadap Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PPKAD, Kepala Dinas PU dan Bina Marga, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, Bagian Hukum, Mantan Kabag Hukum Leonardo Simanjuntak, Kepala PD PAUS, dan tim yg menangani tanah/lahan Tanjung Pinggur,” ujarnya.

Dan pada hari Senin (18/05 ), lanjutnya, pimpinan DPRD melakukan pemanggilan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas PPKAD, Kabag Hukum Sekdakot, Mantan kabag hukum Leonardo Simanjuntak. Sementara itu, ketua pansus Kennedy Parapat saat dikonfirmasi soal batalnya RDP dengan Disperindag tanpa tanpa disertai surat pembatalan tidak berhasil dihubungi.

Penulis: steven. Editor: ebp.