HETANEWS.COM

Solidaritas Untuk Mahasiswa Asal Sidamanik Frans Josua

Binaris Situmorang [Kiri] bersama Ferry Simarmata dari Perkumpulan Jagad Tanah Rakyat dan Parluhutan Banjarnahor dari Firma Hukum Parade 7

Siantar, Hetanews.com - Lembaga Bantuan Hukum [LBH] Pematangsiantar bersolidaritas memberi dukungan kepada Mahasiswa Asal Kecamatan Sidamanik, Frans Josua Napitu. LBH Pematangsiantar melayangkan surat dukungan ke KPK dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagaimana diketahui, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES) Frans Josua Napitu melaporkan Rektor UNNES atas dugaan tindak pidana korupsi ke KPK.

Atas laporan tersebut, Frans Josua mendapat sanksi dari Dekan Fakultas UNNES. Josua tidak diperbolehkan melakukan aktivitas perkuliahan selama 6 bulan dan diserahkan kepada Orangtua untuk pembinaan moral karakter.

Baca juga: Sidang Ancaman Mati Ditunda, TKI Asal Siantar Masih Berharap kepada Jokowi

Melihat persoalan Josua, Pengacara Binaris Situmorang mengatakan bahwa setiap warga negara punya hak untuk melaporkan adanya tindak pidana korupsi dan dilindungi undang undang.

“Undang undang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sangat jelas, masyarakat dapat berperan serta membantu upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi,” jelas Binaris di sela sela pertemuan LBH Pematangsiantar di Jalan Sudirman Kota Siantar, Kamis (19/11/2020).

Masih kata Binaris, tindakan Dekan Fakultas UNNES yang memberi sanksi kepada Frans Josua sangat bertentangan dengan UU 1945. Menurut Binaris tindakan Mahasiswa asal Sidamanik, Kabupaten Simalungun itu sudah tepat sesuai dengan dengan UU Tipikor.

Dalam surat dukungan yang dilayangkan, LBH Pematangsiantar memohon kepada Mendikbud agar memberi pelindungan kepada Josua dan mendesak pihak kampus untuk mencabut dan membatalkan sanksi. 

Baca juga: Reinhard Sinaga Anggap Lumrah Ketidakhadiran Hefriansyah

Penulis: andi. Editor: huget.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan