Siantar, Hetanews.com – Sejumlah logistik Pilkada dan Alat Pelindung Diri [APD] tiba di kantor KPU Siantar Jalan Porsea No3 Kota Pematangsiantar. Logistik dan APD  langsung didatangkan dari KPU RI.

Komisioner Divisi Teknis Ruth Gina Fefiliana Ginting mengatakan pihaknya masih tahapan mempersiapkan logistik .

"Untuk logistik  yang sudah sampai yaitu kotak suara, segel, tinta, dan sedang dalam perjalanan bilik suara,” kata Gina ditemui di kantornya, Kamis (19/11/2020).

Ruth menambahkan, saat ini pihaknya sedang mengurus proses percetakan surat suara. Surat suara yang dipakai nanti akan memuat gambar Paslon tunggal dan kolom kosong.

“Saat ini Ketua KPU Siantar berada di Bekasi untuk mengurus proses pencetakan surat suara tersebut," imbuhnya 

Baca juga: Bawaslu Tanggapi Banner Asner Susanti Di Tiang Listrik

Pilkada di tengah pandemi Covid 19 KPU menyiapkan APD sebagai standar protokol kesehatan. Beberapa item APD sudah di KPU. 

"Untuk APD sudah masuk itu tempat cuci tangan, tissue, sarung tangan, masker, Hand sanitizer, nah untuk Thermogun itu belum nyampek ke kami. Masih dalam perjalanan karena itu bukan pemesanan kita tetapi katalog dari KPU RI," tutur Gina.

Masih kata Gina, APD dan Logistik Pilkada seluruhnya didatangkan dari KPU RI. Pihaknya kemudian akan membayar biaya kebutuhan khususnya APD

"Katalog itu dari KPU RI termasuk semua dengan formulir, kotak suara, surat suara . Kita (KPU Siantar) tinggal bagian pembayaran." ucapnya.

Sebagaimana diketahui, DPT (Daftar Pemilih Tetap)Kota Siantar berjumlah 180490 DPT.

KPU menghimbau warga yang belum memiliki E-KTP agar melakukan perekaman. Tanpa E-KTP hak suara pemilih tidak dapat digunakan untuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Baca juga: Pengakuan Warga Belum Tahu Kapan Pilkada Dilangsungkan