Siantar, hetanews.com - Anggota Komisi III DPRD Kota Siantar, Astronout Nainggolan, meminta Diskominfo Siantar, memasang CCTV yang termonitor dan terkoneksi ke internet.

Pemasangan CCTV indoor dipasang di kantor dinas dan kelurahan yang terkoneksi ke Command Center dan ruangan Kepala Daerah.

"Supaya Kepala Daerah bisa tahu, apakah bawahannya kerja atau tidak,"kata Astronout saat mengadakan rapat kerja dengan Diskominfo Siantar, di kantor Komisi III, Rabu (18/11/2020).

Ditambahkannya, untuk CCTV outdoor dipasang di tempat-tempat yang rawan tindak kriminal.

"Seperti kemarin, ada mayat bayi dibuang, di lapangan Merdeka tapi karena tidak ada CCTV, jadi tidak ketahuan. Siapa tahu dengan adanya CCTV, bila ada lagi tindak kejahatan bisa tahu,"terang Astronout, sembari menjelaskan agar Pemerintah Kota Siantar, bisa berkordinasi dengan pihak Kepolisian, supaya pelaku tindak kejahatan dapat cepat terdeteksi.

Menurut Astronout, membuat yang seperti ini bukan pekerjaan yang mudah dan butuh perencanaan yang matang.

"Saya tantang kalian untuk membuat ini, konsultasi dengan vendor dan ahli IT,"pungkasnya.

Semua CCTV yang akan dipasang, harus termonitor dan terkoneksi ke internet. Sayangnya, Command Center tidak memenuhi syarat untuk mewujudkan semua yang disampaikan karena membutuhkan ruangan yang lebih luas.