HETANEWS.COM

Efek kWh Meter Tua dan Program Penggantian Gratis PLN...

Ilustrasi listrik PLN. Foto: dok PLN

Hetanews.com - Media sosial baru-baru ini tengah diramaikan oleh sebuah unggahan yang membahas mengenai Kilo Watt Hour Meter ( kWh) meter berusia tua. Adapun unggahan tersebut dibagikan oleh akun Twitter resmi Perusahaan Listrik Negara ( PLN), @pln_123 pada Kamis (12/11/2020).

Dalam unggahannya itu, PLN menjelaskan beberapa hal mengenai kWh meter, salah satunya mengenai efek yang akan ditimbulkan dari kWH meter yang sudah tua.

"Electrizen, kWh meter yang sudah tua bisa jadi sudah enggak akurat dalam mengukur penggunaan listrik di rumah. Karena itu, PLN menyediakan layanan GRATIS penggantian kWh meter yang sudah tua maupun rusak. Hubungi PLN 123, dan tim PLN akan mengatur penggantian kWh meter:)," tulis akun @pln_123.

Hingga Jumat (13/11/2020) siang, unggahan tersebut telah mendapat beragam komentar dari warganet. Ada salah satu warganet yang berkomentar bahwa dirinya ingin mengganti kWh meter di rumahnya lantaran takut hitungannya sudah tidak akurat. Dia juga menanyakan apakah penggantian kWh meter tersebut gratis atau tidak.

"sy mau donk digantiin kwh meter nya curiga ga akurat itungan nya GRATIS kan min no pungli," tulis akun Twitter @chansykaskus.

Lantas, bagaimana penjelasan resmi dari PLN?

Dampak kWh meter tua

Salah satu keluhan yang disampaikan pelanggan PLN melalui Twitter mengenai naiknya tagihan, padahal penggunaan KWH meter lebih rendah.
Foto: Twitter

Senior Manager General Affairs atau Juru Bicara 2 PLN UID Jakarta Raya, Emir Muhaimin mengatakan, kWh meter yang sudah tua, memang selayaknya harus diganti. Bukan tanpa alasan, kWh meter tua kemungkinan sudah tidak akurat dalam mengukur penggunaan listrik di rumah-rumah masyarakat.

"Dampak kWh meter tua adalah tingkat akurasinya berkurang, hal ini yang diantisipasi," ujar Emir, Jumat (23/11/2020) siang. Emir menjelaskan, PLN secara bertahap melakukan penggantian untuk kWh meter yang masuk kategori tua, yaitu di atas 15 tahun.

Cara mengetahui kWh meter berusia tua

Lebih jauh, dia juga menerangkan soal cara mengetahui kWh meter bisa dikatakan sudah memasuki usia tua. Di kWh meter, lanjutnya, terdapat tahun pembuatan yang bisa menjadi acuan apakah sudah bisa dibilang tua atau belum. Selain dari situ, pihaknya juga memiliki data kWh meter mana yang sudah waktunya diganti atau belum.

"Di kWh meter ada tahun pembuatan, sebenarnya pelanggan tidak usah terlalu terbebani. Pihak PLN memiliki data kWh meter mana yang akan diganti," ujar Emir.

Namun demikian, pihaknya akan mengucapkan banyak terima kasih apabila ada masyarakat yang ingin tetap melaporkan perihal penggantian kWh meter tua tersebut.

"Bisa disampaikan via contact center 123. Kalau pakai HP, pakai kode area +123," katanya.Baca juga: Ramai di Twitter soal Tagihan Listrik Naik, Ini Penjelasan PLN...

Penggunaan listrik semakin efisien ketika angka PUE makin mendekati 1.0. Artinya, setiap 1 kilo Watt hour (kWh) listrik yang mengalir data center memang menjadi 1 kWh listrik yang dipakai peranti di dalamnya.
Foto: Shutterstock

Sementara itu, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi menegaskan, penggantian tersebut tidak akan dipungut biaya alias gratis. Dia mengungkapkan, PLN bertanggungjawab penuh atas kWh meter yang ada dalam setiap pelanggan.

"kWh meter merupakan aset PLN yang dititipkan di tempat pelanggan. Untuk itu, kami mohon pelanggan juga menjaga kWh meter yang ada ditempatnya," ujar Agung.

 Secara bertahap, imbuhnya, penggantian kWh meter pascabayar dilakukan untuk usia kWh meter di atas 15 tahun.

Penggantian kWh meter 

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan kWh meter harus diganti dengan yang baru.

"Dan juga ketika kWh meter dalam kondisi kaca buram/pecah, kemasukan binatang, kotor yang membuat stand meter sulit untuk dibaca, serta apabila ditemukan kerusakan atau kelainan dalam meter tersebut," tandasnya.

Sedangkan untuk program pemeliharaan penggantian kWh meter pada meter prabayar elektronik, dilakukan untuk usia di atas 10 tahun. Dan juga apabila ditemukan kerusakan atau tidak berfungsinya meter tersebut.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Komentar 1
  • Khairullah Pohan
    Kalau kwh meter tua cenderung berputar lambat ktdk akuratannya mnguntungkn planggn...biar saja..ntar diganti kwh prabayar tagihan mlonjak...

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan