Siantar, Hetanews.com –  Pemko Siantar bersama BNNK mencanangkan Kelurahan Karo sebagai kelurahan Bersih Narkoba [Bersinar]. Mau tak mau penduduk setempat harus siap berbenah. 

Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan Kota Siantar dihuni sekitar 600 KK. Terdapat 18 RT, 6 RW, 2 Kepling beserta perangkat Pokmas. 

Lurah Karo Evironta Ginting mengatakan Pokmas menyambut baik program kampung Bersinar. Berkoordinasi dengan pihak kelurahan, Pokmas memugar tempat pemandian di Sungai Losuha.

"Kan untuk menghindari kegiatan penggunaan narkoba itu makanya kita buat itu. Pokmas yang memberikan ide untuk pembangunan tempat pemandian tersebut, jadi kreativitas dari penduduk asli Kelurahan Karo yang berkreasi" kata Evi kepada Hetanews, Jumat (13/11/2020).

Evi berharap warganya ikut mengurangi penyalahgunaan narkoba dan memulai kegiatan yang positif. Untuk itu pihak kelurahan siap membantu Pokmas dalam pendanaan.

Masih kata Evi, pencanangan Kampung Bersinar diwarnai dengan kunjungan Muspida. Di beberapa wilayah di Kelurahan karo termasuk pemandian di Sungai Losuha akan dikunjungi. 

Baca juga: Dor..! Dor..! Pengedar 460 Pil Exstasi & 100 Gram Sabu di Siantar Roboh

Rawan Narkoba

Personil BNNK Siantar mengamankan 8 pria dan 1 wanita saat razia Warnet dan Indekos di Kelurahan Karo, Kamis (12/11) kemarin. Kesembilan orang tersebut diamankan lantaran positif narkoba dari hasil tes urine.

Melalui pencanangan Kampung Bersinar, tentu pencegahan dan pemberantasan Narkoba hingga ke pelosok demi menciptakan wilayah aman dan bersih dari penyalahgunaan peredaran gelap Narkoba.

"Menurut data BNN, Kelurahan Karo merupakan daerah rawan penyalahgunaan narkotika jadi dicanangkanlah kegiatan tersebut disitu," jelas Humas BNNK Siantar Joko Sirait melalui pesan kepada Hetanews.

Joko berharap BNNK bersinergi dengan Pemko, Polres, Dandim dan warga setempat bersama sama menciptakan Kelurahan Karo bersih dari narkoba.

"Paling tidak penyalahgunaan narkoba di daerah tersebut menjadi jauh berkurang,"kata Joko menambahkan.

Baca juga: Bandar Sabu Kampung Banjar Belum Tersentuh Polisi, Kasat Narkoba Bilang Akan Digas

Dukungan Ormas

Dihubungi terpisah, Bidang Humas Pemuda Pancasila [PP], Daud Sitohang menyatakan kesiapan untuk mendukung program Kampung Bersinar di Kelurahan Karo. 

"Narkoba itu musuh negara dan tentu saja musuh masyarakat. Jadi apa yang menjadi program pemerintah di dalam pemberantasan narkoba, Pemuda Pancasila sebagai ormas menjadi garda terdepan di masyarakat yang mendukung kegiatan itu,” ucap Sihotang.

Sebagai komitmen ikut memberantas Narkoba, Ketua PP Pematangsiantar, Ronald Tampubolon, kata Daud menginstruksikan seluruh anggota  untuk membantu pemerintah untuk membrantas peredaran Narkoba. 

“Untuk memberantas narkoba diperlukan kinerja semua pihak yang ada. Bukan hanya aparat penegak hukum (APH) , Wartawan dan masyarakat harus ikut membantu pemberantasan narkoba di wilayah Kelurahan Karo ini," tutup Daud.

Baca juga: Kampung Banjar Sasaran Bandar Sabu Tangkapan BNNK Siantar