Jakarta, hetanews.com - Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab, baru saja pulang dari Arab Saudi. Tak perlu waktu lama bagi Rizieq untuk bergegas menghadiri beragam acara, termasuk pengajian sehari setelah ia tiba pada 10 November kemarin.

Namun, ia dikritik sana-sini. Yang paling terlihat adalah persoalan protokol kesehatan selama masa pandemi yang tidak dipatuhi Rizieq. Salah satunya adalah kewajiban untuk mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari setelah tiba dari luar negeri.

Beragam komentar, tanggapan, dan jawaban bermunculan. Berikut telah rangkum, persoalan corona Habib Rizieq sepulang dari Arab Saudi:

  • Wagub DKI Minta Semua Tamu yang Kunjungi Habib Rizieq Patuhi Protokol Corona

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyoroti beberapa tamu yang mengunjungi Habib Rizieq Syihab, termasuk sang Gubernur DKI, Anies Baswedan. Riza berpesan, agar semua tamu yang hadir patuh terhadap protokol kesehatan.

Hal ini demi mencegah penularan corona, karena kediaman Rizieq yang terus dipadati sejak kepulangannya pada Selasa (10/11).

"Kita minta memang semua yang punya kerinduan dengan Habib Rizieq, tapi kami minta tolong diatur mekanismenya, SOP-nya, untuk tetap mengatur jadwal, jarak, protokol kesehatan tetap digunakan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak," tuturnya, Kamis (12/11).

  • Sederet Tokoh yang Silaturahmi ke Habib Rizieq: Anies hingga Amien Rais

Begitu tiba di Indonesia, Habib Rizieq Syihab segera menerima beberapa tamu. Ada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hingga Amien Rais.

Anies menyambangi Habib Rizieq beberapa jam setelah ia tiba di Indonesia. Pada pertemuan itu hadir pula Ustaz Tengku Zulkarnain. Menurut Zulkarnain tidak ada obrolan politik dalam pertemuan tersebut.

Sehari setelahnya pada Rabu (11/11) giliran Amin Rais tiba di kediaman Habib Rizieq. Pertemuan berlangsung tertutup selama 1,5 jam. Malam harinya, para petinggi PKS yang menyambangi Habib Rizieq.

Mereka adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, Wakil Ketua Majelis Syuro Ahmad Heryawan, Sekjen Aboe Bakar Alhabsyi, dan Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman. Kedatangan mereka turut disambut oleh Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif.

  • PDIP DKI Bicara Soal Anies Kunjungi Habib Rizieq

Kunjungan Anies Baswedan ke kediaman Habib Rizieq Syihab dikomentari oleh anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Ima Mahdiah. Ia menyayangkan sikap Anies yang mengunjungi Rizieq. Seharusnya, Rizieq menjalani isolasi mandiri 14 hari.

"Sikap abai protokol kesehatan COVID-19 oleh Pak Anies adalah preseden buruk bagi penanganan corona di Jakarta. HRS (Habib Rizieq Syihab) seharusnya menjalani isolasi mandiri sekembalinya dari luar negeri," kata Ima kepada kumparan, Kamis (12/11).

"Aturan ini sudah jelas kok ada dalam surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK 02.01/Menkes/313/2020 dan nomor PM.03.01/Menkes/338/2020 tentang penanganan kepulangan WNI dan kedatangan WNA di Bandara Soekarno-Hatta," lanjutnya.

  • Wagub DKI soal Pernikahan Anak Habib Rizieq: Harus Patuhi Protokol Corona

Habib Rizieq Syihab tak lama lagi akan menggelar pesta pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Syihab dengan Sayid Imam Alaydrus pada Sabtu (14/11). Tidak ada masalah dalam hal ini, karena resepsi pernikahan memang sudah diperbolehkan digelar di Jakarta.

Namun, Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengimbau agar para tamu yang datang dan pihak penyelenggara patuh terhadap protokol corona.

"Yang penting, yang kami minta, semua harus memenuhi ketentuan dan peraturan perundang-undangan, memenuhi protokol COVID, protokol kesehatan. Sudah jelas kan," tegasnya.

Dia yakin Habib Rizieq akan mengatur acara sesuai dengan protokol. Termasuk terkait antisipasi tamu undangan yang banyak.

"Saya kira Pak Habib Rizieq, keluarga memahami, mengerti, sudah mengatur. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong, bisa datang bergantian. Waktunya masih banyak," kata dia.

Menyoal Protokol Corona Habib Rizieq Setelah Pulang dari Arab Saudi (3)
Habib Rizieq Syihab bersama istri dan para putrinya di Makkah 15 Juni 2018. Foto: Youtube/Front TV
  • Respons Lurah Petamburan Bila Tamu Pernikahan Anak Habib Rizieq Membeludak

Lurah Petamburan Setiyanto mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan panitia acara pernikahan untuk meminta adanya pembatasan pengunjung. Sebab saat ini DKI Jakarta masih berupaya menekan kasus corona, salah satunya lewat larangan berkerumun.

"Untuk pengurusan surat pengantar sudah lama mengurus. Kalau terkait pembatasan tamu mungkin kami hanya koordinasi dengan panitia untuk penerapan protokol kesehatan," ujar Setiyanto saat dihubungi kumparan, Kamis (12/11).

  • Muhadjir Singgung Ketaatan Habib Rizieq soal Isolasi 14 Hari

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyinggung soal ketaatan Habib Rizieq dalam menjalani isolasi 14 hari sepulang dari luar negeri. Dia berharap, tokoh seperti Rizieq bisa jadi panutan buat lainnya.

"Mestinya harus mentaatilah sebagai warga negara itu kan bagian dari prosedur yang harus dipenuhi siapa pun yang berasal dari luar negeri dan itu tidak ada hak-hak khusus untuk siapa pun dan kepatuhan penting, apalagi untuk figur yang menjadi panutan," ujar Muhadjir kepada wartawan, Kamis (12/11).

Muhadjir lalu menambahkan.

"Saya kira betul-betul kalau bisa melakukan (isolasi), menjadi panutan saya kira sangat positif," ucapnya.

  • Habib Rizieq Bakal Maulid di Tebet, Wagub DKI Imbau Patuhi Protokol Kesehatan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria tak henti mengingatkan semua warga Jakarta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, Jakarta masih berada dalam masa pandemi.

Otomatis, setiap acara wajib mematuhi protokol tersebut, termasuk acara Maulid Nabi di Majelis Taklim dan Zikir Al-A'Faf yang akan digelar hari ini, Jumat (13/11). Acara ini akan didatangi Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab. Riza meminta agar pelaksanaan Maulid tetap memperhatikan protokol corona.

"Memang sekarang ini lagi Maulid, memang dimungkinkan Maulid di masjid-masjid. Cuma yang kami minta, imbau agar pelaksanaan Maulid tetap memperhatikan protokol COVID, protokol kesehatan," kata Riza kepada wartawan, Kamis (12/11).

Dia minta protokol tak hanya sebatas masker. Tapi juga membatasi tamu atau jemaah yang hadir, sehingga potensi penularan akibat kerumunan besar bisa dihindari.

"Saya juga pernah dua kali ikut Maulid, jumlahnya dibatasi," pungkasnya.

Jumat pagi, Habib Rizieq dan Riza Patria menghadiri Maulid Nabi. Nampak jemaah membeludak dan membuat jalanan di sekitar Tebet ditutup.

sumber: kumparan.com