Simalungun, hetanews.com - Sejumlah warga digegerkan  penemuan mortar, di areal perkebunan sawit milik warga  Buntu Gunung, Nagori Maligas Huta IV Jaya Parmonangan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, pada Selasa (10/11/2020) pagi lalu, pukul 10: 00 WIB.

Orang pertama yang menemukan yaitu Selamet Widodo (46) yang saat itu bersama cucunya, RS (6).

Tadinya, mereka berniat mencari bambu, di ladang tersebut, namun tiba- tiba matanya tertuju pada salah satu benda yang menurutnya sangat asing dan unik.

Tidak merasa curiga, Selamet Widodo, membawanya pulang ke rumah.

Dan saat itu, Selamet mengndarai sepeda motor, dan membonceng Risky Hasan. Sedangkan montir tersebut dipegang Risky.

Dengan polos, Selamet Widodo menceritakan temuannya itu, pada salah sorang warga kampung yang merupakan tetangganya. Bahkan, anak Selamet mencoba memposting benda tersebut, pada akun medsos miliknya.

Salah seorang pembaca yang sempat melihat hasil postingan anak Selamet, ada yang mengatakan, bahwa banda tersebut menyerupai peluru mortir.

Sehingga berita itu pun cepat menyebr dan sampai ke salah seorang petugas Polsek Tanah Jawa.

Saat ditindak lanjuti, kemudian polisi mengamankan barang bukti itu.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Selamet Manalu, kepada awak media ini, saat berada di lokasi perladangan sawit milik warga Huta Jaya Parmongan Nagori Maligas Tongah.

Pangulu Nagori Maligas Tongah, bersama sejumlah personil Polsek Tanah Jawa, Dan-sub Den Brimaob Jibom, AKP Daud Lawe, beserta sejumlah personil Gegana unit Jibom dari Polda Sumatera Utara, juga tampak di lokasi, Rabu (11/11/2020), sekira pukul 15:30 WIB.

Peluru mortil pun tersebut akhirnya telah diledakkan dan berjalan lancar.