Medan, hetanews.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memusnahkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 151,71 kilogram (Kg), 58.241 butir pil ekstasi, dan 81,71 kg ganja kering. Pemusnahan narkoba yang disaksikan aparat kejaksaan dan pengadilan ini dilaksanakan Rabu (11/11/2020) di halaman Direktorat Narkoba Polda Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil sitaan petugas dari penangkapan terhadap sindikat narkoba di daerah tersebut.

Para pelaku narkoba ini terdiri dari pemasok , bandar, kurir maupun pengedar narkoba. Mereka ditangkap petugas yang melaksanakan operasi sejak Oktober hingga awal November 2020.

"Dari operasi pemberantasan narkoba ini, ada sebanyak 53 orang yang ditangkap. Mereka terdiri dari 51 orang pria dan 2 orang wanita. Dari 53 tersangka narkoba ini, sebanyak 2 orang di antaranya terpaksa ditembak mati oleh petugas. Mereka ditembak karena memberikan perlawanan saat ditangkap," ujar Martuani Sormij, Rabu (11/11/2020).

Mantan Kapolda Papua ini menegaskan, pihaknya tetap komitmen dalam melakukan pemberantasan narkoba di daerah tersebut. Dalam melakukan pemberantasan ini, pihaknya tidak akan pandang bulu. Sebagai Kapolda, Martuani juga akan menindak tegas bawahannya jika ada yang terlibat dalam bisnis peredaran narkoba tersebut.

"Oleh karena itu, saya mengharapkan kerja sama masyarakat untuk membantu Polda Sumut dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas peredaran narkoba di daerah ini. Masyarakat diharapkan memberikan laporan kepada petugas jika melihat dan menemukan transaksi narkoba. Pemberantasan narkoba ini harus terus digencarkan untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa," sebutnya.

Sumber: beritasatu.com