Medan, hetanews.com - Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) mengingatkan pasangan calon (Paslon) yang melakukan kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada KPU Sumut untuk mengambil tindakan dengan memberikan sanksi terhadap paslon di daerah.

"Masih banyak temuan pelanggaran protokol kesehatan oleh masyarakat yang menghadiri kampanye kontestan pilkada. Ada yang tidak menggunakan masker, sama sekali tidak menjaga jarak bahkan melakukan kerumunan," ujar Syafrida, Senin (9/11/2020).

Syafrida menegaskan, harus ada sanksi tegas atas pelanggaran itu. Sanksi yang dapat diberikan berupa larangan kampanye selama tiga hari. Pemberian sanksi diperlukan agar pasangan calon mematuhi protokol kesehatan dan bisa mengantisipasi penyebaran virus di tengah pandemi Covid-19.

"Kita mengkhawatirkan munculnya klaster baru Covid-19, seperti yang di Nias Selatan, menghadirkan massa dalam jumlah besar tanpa menggunakan masker dan jaga jarak, membahayakan. Ini juga tidak boleh terjadi di daerah lainnya," tegasnya.

Syafrida mengakui, belum ada aturan yang dapat mendiskualifikasi pasangan calon kepala daerah jika melanggaran protokol kesehatan di masa kampanye pemilihan keoala daerah. Namun, sanksi dalam bentuk lain perlu diberikan agar tidak terulang.

"Kami juga mengingatkan pasangan calon pilkada di kabupaten/kota lainnya, supaya turut beserta bersama pemerintah dan tenaga kesehatan dalam berusaha menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di tengah masyarakat," sebutnya.

Untuk di Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak yakni, Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga, Gunungsitoli dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian, Kabupaten Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.

Sumber: beritasatu.com