Karo, hetanews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memastikan belum ada hewan buas yang turun ke pemukiman masyarakat pascameningkatnya aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala BPBD Kabupaten Tanah Karo, Natanail Paranginangin mengatakan, Harimau yang disebut berkeliaran dekat pemukiman warga itu, ada di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), kawasan Gunung Sibayak.

"Kalau Harimau berkeliaran di kawasan kaki Gunung Sibayak, bukan kaki Gunung Sinabung," ujar Natanail Paranginangin, Minggu (8/11/2020).

Disinggung monyet yang sudah memasuki pemukiman masyarakat, Natanail menyebutkan, dari sebelum meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung, hewan liar itu sudah sering terlihat oleh masyarakat.

"Setiap desa banyak pohon besar dan monyet banyak berkeliaran. Namun tidak ada hubungannya dengan erupsi Sinabung. Meski tidak berkaitan, antisipasi juga tetap dilakukan. Termasuk kehadiran binatang buas," katanya.

Natanail menyampaikan, aparat gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan pengamanan dengan melakukan penjagaan di setiap pintu masuk menuju kaki Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo.

"Selama aktivitas Sinabung mengalami peningkatan, masyarakat dan wisatawan dilarang berkegiatan dengan radius 3 km dari puncak Sinabung, atau sekitar 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk Sektor Timur-Utara," kata Natanail

Natanail menyampaikan, ada empat kecamatan di Tanah Karo di sekitar kaki Sinabung. Pemukiman ini sangat rawan jika gunung merapi itu kembali erupsi. Lokasi itu sudah dikosongkan dari segala aktivitas masyarakat.

Adapun kawasan rawan erupsi Sinabung yang berada di kaki gunung merapi yang aktif sejak tahun 2010 lalu adalah Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolat Rayat di Kabupaten Tanah Karo.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra menyampaikan, aktivitas Gunung Sinabung mengalami peningkatan selama beberapa hari belakangan ini. Oleh karena itu, masyarakat dilarang masuk ke zona larangan itu.

Salah satu lokasi wisata di Kaki Gunung Sinabung ini adalah Danau Lau Kawar yang berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Tanah Karo. Lokasi wisata ini sudah ditutup.

Menurut Armen, larangan berwisata karena dianggap membahayakan keselamatan. Lokasi wisata Danau Lau Kawar berada tidak jauh dari kawasan kaki Gunung Sinabung.

Sumber: beritasatu.com