Siantar, hetanews.com – Tingginya minat masyarakat untuk belajar, di Taman Kanak – kanak dan Sekolah Dasar Cyrillus Advance School (CAS), memotivasi pihak Yayasan dan Pembina Lembaga Pendidikan CAS untuk meningkatkan sarana prasana di sekolah itu.

Dan salah satunya dengan membangun 6 rungan baru untuk SD CAS yang ditandai dengan acara peletakan batu pertama oleh Wali Kota Siantar, diwakili Dra Happy Oikumenis Daeli, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Siantar, dan diikuti Pembina Lembaga Pendidikan CAS, Pdt DR Willem TP Simarmata MA, bersama istri, H. Lersiany boru Purba, dan undangan lainnya, pada Sabtu (7/11/2020) siang, sekitar pukul 10.30 WIB, di komplek sekolah TK dan SD CAS, di Desa Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.

Acara tersebut dikemas dengan protokol kesehatan, dan diisi dengan doa bersama, serta kata – kata sambutan dari para undangan.

Sambutan dari orang tua murid, yang disampaikan marga Girsang, mengucapkan syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada pihak Yayasan CAS, Pembina, Kepala Sekolah dan Guru - guru yang telah memberikan perhatian untuk memajukan TK dan SD CAS dengan dibangunnya ruangan baru.

Harapannya, semoga sekolah ini semakin berkembang dan makin dicintai masyarakat serta sukses dalam mewujudkan program pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pdt DR Willem TP Simarmata MA, bersama istri, H. Lersiany boru Purba, dan undangan lainnya, saat mengikuti acara peletakan batu pertama penambahan bangunan baru SD CAS, pada Sabtu (7/11/2020) siang, sekitar pukul 10.30 WIB, di komplek sekolah TK dan SD CAS, di Desa Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.

Sementara Kepala Sekolah SD CAS, Marulam Simarmata, juga mengucap syukur dengah adanya pembangunan di sekolah yang dipimpinnya.

Untuk saat ini, katanya, murid SD CAS masih sampai kelas 4 dan kedepannya, jumlah murid akan bertambah  sehingga diperlukan ruangan kelas baru dan sarana pendukung lainnya.

Dan dipertegas mewakili Ketua Yayasan CAS, bahwa bangunan baru ini nantinya, bukan hanya ruangan belajar, tapi ikut juga dibangun perpustakaan dan laboratorium. Dan direncanakan, bangunannya bertingkat.

Sementara itu, Pembina Lembaga Pendidikan CAS, Pdt DR Willem TP Simarmata dalam sambutannya, menceritakan berdirinya Lembaga Pendidikan CAS.

Dikatakannya, berdirinya lembaga pendidikan CAS ini adalah untuk mengenang jasa ayah mereka, yang kesehariannya sebagai guru, di Samosir waktu itu, dan telah berjuang keras untuk mencerdaskan anak bangsa.  

Makanya nama lembaga pendidikan ini kami buat dari nama beliau yaitu Cyrillus, dan didirikan pada 15 Juli 2009. Tanggal pendirian lembaga pendidikan itu tidak bisa saya lupakan, karena tanggal pernikahan saya dan istri, ucapnya.

Pdt DR Willem TP Simarmata MA, bersama istri, H. Lersiany boru Purba, saat mmeberikan ulos kepada Wali Kota Siantar, diwakili Dra Happy Oikumenis Daeli, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Siantar, pada Sabtu (7/11/2020) siang, sekitar pukul 10.30 WIB, di komplek sekolah TK dan SD CAS, di Desa Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.

Pdt DR Willem TP Simarmata juga meceritakan bagaimana kegigihan ayah mereka untuk memajukan pendidikan di Samosir dan bahkan sampai membangun SD dan SMP di sana.

Salutnya, beliau juga sempat mempin 3 SD sekaligus waktu itu, kata Pdt DR Willem TP Simarmata, yang juga  anggota DPD RI/MPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut).

Ditegaskanya, kehadiran lembaga pendidikan CAS ini, murni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya untuk masyarakat Kota Siantar dan sekitarnya.

“Dan pendirian sekolah ini, murni partisipasi dari kami yang berkeluarga yang menyisihkan rejeki untuk membangun sekolah ini dan bisa dikatakan, tidak ada bantuan pemerintah sampai saat ini,”ujar mantan Ephorus HKBP ini.

Meski begitu, Pdt DR Willem TP Simarmata juga sangat berharap kepada Pemerintah Kota (Pemko) Siantar agar kedepannya memberikan perhatian untuk lembaga pendidikan CAS.

Dan salah satunya, diharapkan ada Guru PNS yang ditempatkan di SD CAS dan termasuk bantuan sarana lainnya.  

Suasana penyerahan kursi roda secara simbolis yang diserahkan Pdt DR Willem TP Simarmata MA, di dampingi Calon Wali Kota Siantar, Ir Asner Silalahi, pada Sabtu (7/11/2020) siang, di komplek sekolah TK dan SD CAS, di Desa Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar. 

Dia juga memberitahukan, bawa di lembaga pendidikan CAS juga menjunjung tinggi nilai – nilai toleransi atau menghormati kemajemukan, makanya Guru – gurunya juga ada beragama muslim.

“Walau pun saya Pendeta, bukan berarti Guru – guru di sini beragama Kristen semua, tapi kita hormati kemajemukan itu, guru beragama muslim juga ada mengajar di sekolah ini,”ujarnya.

Pdt DR Willem TP Simarmata juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan Lembaga Pendidikan CAS, sebagai tempat anak mereka untuk menuntut ilmu.

Sementara itu, Wali Kota Siantar, diwakili Dra Happy Oikumenis Daely, meminta maaf karena Wali Kota tidak dapat hadir karena di waktu yang sama juga memiliki kegiatan yang tidak kalah penting.

Dra Happy Oikumenis Daeli mengapresiasi kehadiran Lembaga Pendidikan CAS yang telah ikut membantu program pemerintah yaitu mencerdaskan anak bangsa seperti disebutkan dalam pembukaan UUD 1945.

Dia juga berjanji akan menyampaikan semua harapan Lembaga Pendidikan CAS, seperti  apa yang disampaikan Pdt DR Willem TP Simarmata, kepada Wali Kota Siantar.

Prasati pendirian Lembaga Pendidikan CAS yang ditandatangani Pdt DR Willem TP Simarmata MA.

Kakak dari Firman Jaya Daeli ini, juga mengapresiasi Lembaga Pendidikan CAS yang menghormati nilai – nilai toleransi, seperti memberdayakan guru beragama muslim untuk mengajar.

Dia juga berpesan agar pihak Lembaga Pendidikan CAS mengajukan proposal kepada Pemko Siantar agar kedepan dapat dibantu.

Pantauan wartawan, sebelum acara peletakan batu pertama dilakukan, perwakilan undangan seperti Wali Kota Siantar dan calon Wali Kota Siantar, Ir Asner Silalahi, mendapat ulos dari pihak Yayasan dan Pembina Lembaga Pendidikan CAS

Dan pada kesempatan itu, juga ada penyerahan kursi roda kepada warga yang membutuhkan.

Dan tak luput, Asner Silalahi pada kesempatan itu juga menyampaikan rasa bangganya melihat Lembaga Pendidikan CAS dan menjanjikan bantuan berupa 100 zak semen untuk memperlancar pembangunan 6 ruangan baru tersebut.

Menurut Asner, membangun sekolah merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena dengan adanya sekolah, maka akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Karena dengan pendidikan lah, orang bisa bersaing dan mudah mendapat lapangan pekerjaan, ujarnya.

Asner juga memuji Pdt DR Willem TP Simarmata dan keluarga yang begitu menghargai jasa ayah mereka yang begitu gigih memajukan pendidikan.

Pantauan wartawan, acara peletakan batu pertama pembangunan ruangan baru itu, juga dihadiri Rektor UHN Siantar, Prof Dr Sanggam Siahaan, Pimpinan Gereja, mantan Asisten III Pemko Siantar, Marihot Situmorang, Dosen STT HKBP, para rohaniawan, para orang tua murid, perwakilan warga dan juga keluarga besar dari Pdt DR Willem TP Simarmata.