Simalungun, hetanews.com - Sadar Siahaan als Vijay (43) mengakui, jika sabu yang dijualnya adalah milik terdakwa Hamdani Purba als Odeng (40).

Keduanya warga yang sama, di Kecamatan Pematang Bandar, disidangkan dalam berkas terpisah, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (5/11/2020).             

"Saya cuma disuruh mengantar sabu kepada pembeli dan jika berhasil akan diberi pakai secara gratis oleh Odeng, pak hakim," ucap terdakwa, di sidang siang tadi.

Sebelumnya, dakwaan jaksa, Juna Karo Karo menyebutkan, jika terdakwa Vijay, ditangkap polisi, pada Selasa, 19 Mei 2020 lalu, pukul 14.00 WIB, di depan rumah Dahaiman Damanik als Maman, di Jalan Tuan Sawadin, P.Bandar Simalungun.

Ketika itu, terdakwa sedang membawa sabu 0,35 gram dari terdakwa Odeng yang dimasukkan ke dalam kotak rokok Magnum.               

Dengan meminjam sepeda motor Honda Verza BK 2509 TBH milik Risky Saragih, Vijay disuruh oleh terdakwa Odeng untuk mengantarkan sabu kepada seseorang seharga Rp400 ribu. Di tengah perjalanan, petugas yang telah menerima informasi langsung menyetop dan mengamankan terdakwa.

Saksi Aswin Manurung, Yunus Manurung dan Benni Paiduk Lumban Raja dari Polres Simalungun menyita satu paket sabu dari dalam kotak rokok Magnum dari kantong baju terdakwa.                  

Berdasarkan pengakuan Vijay,  lalu polisi membawa Vijay mencari Odeng dan berhasil ditangkap di rumahnya. Jaksa menjerat kedua terdakwa, dengan pasal 114 dan pasal 112 UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.                 

Dalam persidangan, kedua terdakwa didampingi pengacara, Sintong Sihombing SH dari Posbakum dan membenarkan keterangan dua saksi polisi, yakni, Aswin dan Yunus Manurung.               

Terdakwa Odeng juga membenarkan jika sabu yang disita dari Vijay adalah miliknya yang akan diantar kepada pembeli. Odeng juga mengakui, jika dirinya sudah pernah dipidana dalam kasus yang sama.

Untuk memberi kesempatan jaksa menyusun surat tuntutannya, persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim, Hendrawan, ditunda hingga Rabu mendatang. "Untuk tuntutan sidang ditunda hingga Rabu," katanya.