Medan, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Medan memastikan tidak akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Namun, pihaknya akan mengawasi pelaksanaan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Medan.

Camat Medan Area, Hendra Asmilan mengatakan Pemko Medan mempersilahkan masyarakat Kota Medan untuk beraktivitas seperti biasa. Namun, warga wajib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Untuk mencegah penularannya, mari kita jadikan Perwal No.27/2020 sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," kata Camat Medan Area Hendra Asmilan, Rabu (4/11/2020).

Sebagai langkah awal, Asmilan mengatakan pihaknya sudah menerapkan AKB mulai dari tingkatan kepala lingkungan hingga lurah di jajaran Kecamatan Medan Area.

Camat Medan Area menekankan jajarannya untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Berhubung obatnya sampai sekarang belum ditemukan, maka wajib menjalankan protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19," ujarnya

Selama masa pandemi Covid-19, Kecamatan Medan Area berkoordinasi dengan instansi terkait seperti puskesmas, koramil serta polsek. Pihaknya juga memantau sejumlah tempat usaha untuk memastikan penerapan protokol kesehatan sesuai perwal.

Selain penegakan perwal, Kecamatan Medan Area terus menyosialisasikan agar masyarakat melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas. Pihaknya akan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Namun apabila masyarakat tetap melanggarnya, kami akan mengambil tindakan tegas. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Sumber: inews.id