Jakarta, hetanews.com - Gardu listrik di dekat traffic light (TL) Fatmawati, Jakarta Selatan, meledak siang tadi. Pihak PLN Jakarta Raya mengungkap penyebabnya.

"Saya juga menerima banyak pertanyaan kebetulan mungkin waktunya bersamaan, jadi ada gardu listrik di jalan Fatmawati dekat traffic light itu ada ledakan," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan dalam konferensi pers, Minggu (1/11/2020).

Doddy mengatakan pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan cek gardu yang meledak. Hasil temuannya di lapangan, Doddy menyebut ada kabel sambungan pada gardu yang terbakar.

"Penyebabnya adalah adanya gangguan di koneksi dari jaringan tekanan rendah. Jadi ada kabel, kemudian di situ kabelnya sambungannya terbakar, mungkin kena air juga sehingga di situ terdapat ledakan," paparnya.

Meski demikian, Doddy mengatakan peristiwa ini adalah masalah minor. Dia juga menegaskan ledakan gardu listrik di kawasan Fatmawati itu tidak berhubungan dengan padamnya listrik di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

"Tapi ini minor sekali dan tidak ada hubungannya dengan gangguan di subsistem yang dijelaskan Pak Haryanto (Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN) tadi," jelas dia.

Ledakan gardu siang tadi menyebabkan gardu listrik terbakar. Kasat Lantas Polres Jaksel, Kompol Sri Widodo, mengatakan peristiwa itu sudah ditangani oleh PLN dan sempat membuat traffic light di lokasi menjadi mati.

"Di TKP anak buah, tadi hanya membantu ngatur lalin. Bukan diamankan ininya... kita membantu arus lalinnya aja, kan tadi di situ begitu meledak, lampu TL mati. Jadi anggota mengatur di situ," jelas dia.

sumber: detik.com