HETANEWS.COM

Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Sebuah ilustrasi perbedaan sederhana antara fotosintesis dan respirasi sel. Yang membedakan adalah siang dan malam, serta pertukaran gas yang terjadi pada nya. Foto: VectorMine

Hetanews.com - Pada materi kali ini kita akan mempelajari tentang perbedaan dari fotosintesis dan respirasi. Kamu telah mempelajari fotosintesis pada materi sebelumnya. Lalu apakah yang dimaksud dengan respirasi?

Saat membaca materi ini kamu juga melakukan respirasi, iya sekarang. Kamu menghirup udara dan menghembuskannya, itulah respirasi.

Pengertian Respirasi Sel

Dilansir dari PEDIAA, respirasi sel atau pernafasan adalah proses yang mengubah bahan organic menjadi energi dan menghasilkan karbon dioksida serta air. Respirasi adalah kebalikan dari proses fotosintesis sehingga persamaannya juga kebalikan dari persamaan fotosintesis:

Persamaan reaksi respirasi.
Foto: KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI

Dari persamaan didapatkan bahwa respirasi menggunakan glukosa dari makanan dan oksigen dari pernafasan untuk menghasilkan energi. Respirasi juga menghasilkan karbon dioksida dan air sebagai produk sampingan.

Untuk membuktikannya bukalah mulutmu didepan kaca, lalu hembuskan nafas. Pada kaca akan terbentuk uap-uap air hasil respirasi seluler dalam tubuhmu.

Perbedaan Respirasi Sel dan Fotosintesis

Fotosintesis dilakukan oleh tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri, sedangkan respirasi seluler dilakukan oleh semua makhluk hidup. Fotosintesis mengkonversi energi cahaya menjadi energi potensial, sedangkan respirasi mengubah energi potensial menjadi energi kinetik.

Fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan hijau.
Foto: Shutterstock

Fotosintesis berlangsung dalam kloroplas atau pigmen, sedangkan respirasi terjadi dalam mitokondria dan sitoplasma sel. Jika fotointesis berlangsung secara anabolik yaitu mengubah energi menjadi makromolekul karbohidrat, maka respirasi berlangsung secara katabolik yaitu memecah makromolekul karbohidrat menjadi energi.

Fotosintesis mengambil karbon dioksida dan air lalu melepaskan oksigen, sedangkan respirasi mengambil oksigen lalu melepaskan karbon dioksida dan air.

Proses fotosintesis terdiri atas reaksi gelap dan reaksi terang, sedangkan proses respirasi sel terdiri atas glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, dan rantai transport elektron

Fotosintesis dan respirasi berlangsung secara berkesinambungan. Kamu akan merasa sejuk dan segar jika berada di daerah dengan banyak pohon, karena pohon menghasilkan banyak oksigen yang dapat dihirup manusia.

Tumbuhan juga menggunakan karbondioksida hasil pernafasan manusia ataupun dari asap kendaraan bermotor untuk melakukan fotosintesis. Inilah mengapa tumbuhan berperan penting dalam kehidupan. Jadi jangan lupa untuk menanam dan merawat tumbuhan disekitarmu ya.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan