HETANEWS.COM

Warga Tuding Kades Naga Kesiangan Langgar Undang-Undang KIP

Kantor Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai. (foto / dmk)

Sergai, hetanews.com - Kepala Desa (Kades) Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai, Sugianto, dituding warga melanggar Undang - undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Sugianto diduga sengaja menutup - nutupi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 dengan tidak dipasangnya papan informasi APBDes, sebagai sarana informasi kepada publik atau masyarakat.

Hal itu seperti diungkapkan Wendy Hutabarat, selaku tokoh masyarakat Desa Naga Kesiangan, kepada hetanews.com, Jumat (30/10/2020).

"Saya sangat  kecewa terhadap pemdes karena sampai hari ini, papan APBDes blum juga terpasang dan ini bukti Pemdes Naga Kesiangan tidak transparan dan diduga telah melanggar Undang - undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menjadi landasan hukum bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, terkait penggunaan dana yang bersumber dari APBN, termasuk Dana Desa,"ungkapnya.

Dia meminta Dinas PMD Sergai dan Inspektorat agar segera memanggil Kepala Desa tersebut.

Diketahui didalam anggaran DD 2020 yang bersumber dari APBN, Pemdes Naga Kesiangan telah melakukan kegiatan pekerjaan tata boga dan pelatihan las.

Menanggapi tudingan itu, Kades Naga Kesiangan, Sugianto, ketika dikonfimasi hetanews.com, Jumat (30/10/2020) mengatakan, bahwa semua itu karena adanya perubahan, maka tidak dipasang papan APBDes. "Itu karena adanya perubahan pak, makanya tidak dibuat papan APBDes, pak. Ini juga pun ada kelanjutan BLT, pak,"jelasnya.

Dan ketika disinggung,  berapa anggaran pemberdayaan tata boga dan pelatihan las? Dan berapa Dana Desa di Desa Naga Kesiangan?

Jawabnya, “dikerjakan dulu baru nanti dipasang papan APBDes-nya, pak,"ungkapnya seraya berkata "Silahkan aja dilaporkan, kita siap”.

Penulis: sarianto. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan