HETANEWS.COM

Akhyar Nasution Diduga Nyaris Bogem Panwascam Medan Deli

Situasi kegiatan Paguyuban Pejuang Keluarga Legiman (foto/digtara.com)

Medan, Hetanews.com - Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution, nyaris memukul Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Selasa (27/10/2020).

Berdasar info yang dikutip awak Hetanews dari sumber digtara.com , kejadian itu bermula saat Akhyar menggelar kegiatan kampanye di Jalan Alumunium I, Kel Tanjung Mulia, Kec Medan Deli. Di situ, petugas Panwascam Medan Deli.

Mulanya pengawas Kelurahan Tanjung Mulia melakukan pengawasan kegiatan kampanye Akhyar bersama Paguyuban Pejuang Keluarga Legiman.

Panwas kelurahan melakukan pengawasan dan melihat jumlah yang hadir lebih dari 50 orang, tidak mengatur jarak sesuai dengan peraturan dan ketentuan.

Menurut Faisal, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7/2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6/2020 dan Peraturan Bawaslu nomor 4/2020, pihaknya berhak mengeluarkan surat peringatan kepada pihak penyelenggara kegiatan tersebut.

"Saat itu, Panwas kelurahan kita melakukan pengawasan dan melihat jumlah yang hadir lebih dari 50 orang, tidak mengatur jarak sesuai dengan peraturan dan ketentuan. Makanya, kita memberikan teguran secara lisan sebanyak tiga kali. Namun, tidak diindahkan,” ungkap Faisal,  seperti dikutip hetanews dari sumber digtara.com pada Jumat 30 Oktober 2020.

“Kemudian, Panwas kelurahan berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan Medan Deli, untuk melakukan teguran secara tertulis kepada panitia acara,” tutur Faisal

Baca juga: Saya kira pemikiran salman itu liberal

Namun, diungkapkannya, pihak penyelenggara kegiatan menolak menerima surat teguran resmi Panwascam Medan Deli.

Kemudian tensi semakin menaik, sempat terjadi adu mulut. Panwas kelurahan sempat ditarik keluar dari lokasi tersebut oleh pihak penyelenggara. ‎

Saat terjadi keributan, Faisal mengungkapkan tiba-tiba Akhyar Nasution datang dan nyaris ‎memukul dirinya. Namun, hal itu langsung dilerai oleh masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

“Dia pasang kuda-kuda untuk menerkam saya, sebelum meninggalkan lokasi. Syukurnya dihalangi masyarakat di situ dan tidak sempat terjadi pemukulan,” ungkap Faisal, ketua Paswacam Medan Deli.

Banwaslu yang menerima laporan ini rencananya akan mengadakan pleno sehari, untuk dapat kejar jadwal registrasi Gakkumdu pada hari ini Jumat (30/10/2020). 

“Kami upayakan hari ini sudah selesai diplenokan di tingkat Bawaslu dan langsung kita rekomendasikan ke Gakkumdu untuk diregistrasi. Besok sudah bisa pembahasan, itulah targetnya,” ungkap payung, banwansu kota Medan.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, Wasis Wiseso menilai wajar jika Akhyar kesal kegiatannya ditegur Panwascam Medan Deli.

Menurut Wasis, teguran itu tidak pada tempatnya. Akibat teguran panwas, terjadi keributan bahkan Akhyar nyaris memukul Ketua Panwascam Medan Deli, Faisal Haris.

"Itu acara keluarganya Pak Akhyar, terus Panwasnya entah apa yang dibicarakan di situ seolah-olah ingin masuk memantau. Padahal itu acara keluarga,” sebutnya

Penulis: ando. Editor: ando.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan