Hetanews.com - Bagi siswa yang masih sekolah, apakah ada yang ingin menjadi pilot atau pramugari? Tentu profesi ini sangat bergengsi. Tapi, apakah kamu juga mengenal profesi ATC? Apa itu ATC? Apakah ada profesi lain di bidang penerbangan?

Tentu jawabannya masih ada. Masih banyak potensi karier lainnya yang juga dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin kuliah atau berkarier di bidang penerbangan.

Melansir akun Instagram Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Rabu (28/10/2020), berikut ini profesi di bidang penerbangan selain pilot dan pramugari.

1. ATC

ATC (Air Traffic Controller) adalah pemandu lalu lintas udara, hingga memberi ijin terbang dan mendaratnya pesawat. Petugas ATC memberikan informasi atau instruksi seputar navigasi, cuaca, dan lainnya kepada pilot dari menara di bandara.

2. AME

AME (Aircraft Maintenance Engineer) adalah teknisi pesawat yang bertanggung jawab terhadap kelayakan pesawat untuk terbang. Tugasnya merawat pesawat dan memastikan bahwa pesawat terbang memiliki kelayakan untuk beroperasi dengan baik. Jika ada masalah teknis pada pesawat terbang, AME-lah yang bertugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Marshaller

Marshaller adalah petugas yang memberikan instruksi kepada pilot ketika akan mendaratkan pesawat terbang untuk memasuki hanggar atau parking stand yang ada di apron.

4. Avionics Technicians

Avionics Technicians adalah teknisi elektronika pesawat yang bertanggung jawab untuk memeriksa, menguji, dan memperbaiki komponen elektronik di pesawat. Mereka bekerja dalam sistem komunikasi, navigasi dan kontrol penerbangan.

5. FOO

FOO (Flight Operations Officer) adalah petugas kontrol penerbangan yang bertugas menjalankan fungsi flight dispatch, operation controller, dan flight following. Mulai dari sebelum penerbangan hingga saat pesawat mengudara, serta hingga pesawat mendarat.

Sumber: kompas.com