HETANEWS.COM

Jayden Houtriet, Pemain Blasteran Indo-Belanda dengan Karier Menjanjikan

Jayden Houtriet.

Jakarta, hetanews.com - Indonesia memiliki banyak pemain muda keturunan yang merumput di Eropa. Jika dibutuhkan, Jayden Houtriet menjadi satu nama yang patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya, Jayden saat ini tengah membela tim besar Belanda, SBV Vitesse. 

Merekrut bakat muda keturunan yang merumput di Eropa menjadi jurus jitu PSSI dan Shin Tae-yong untuk meningkatkan kualitas Timnas U-19. 

Musababnya, skuat 'Garuda Muda' sudah dihadapkan dengan dua agenda penting tahun depan, yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. 

Terlebih, bakat-bakat muda keturunan yang tersebar di berbagai penjuru 'Benua Biru', memiliki prospek karier yang menjanjikan. Mereka mampu bersaing di sana, alih-alih hanya menjadi pemanis. 

Salah satu yang patut menjadi pertimbangan adalah Jayden Houtriet. Siapakah dia? Mari mengenalnya lebih dekat. 

Lahir di Belanda, 27 Maret 2002, Jayden saat ini membela salah satu raksasa Liga Belanda, SBV Vitesse. Ia tergabung bersama tim U-21 Vitesse yang bermain di Liga Belanda Junior atau U-21 Div. 2 Fall. 

Sejauh musim 2020/21 bergulir, tim utama Vitesse masih kokoh bertengger di peringkat kedua Eredivisie, di bawah Ajax Amsterdam. 

Jayden memulai perjalanan sepak bolanya di usia yang sangat belia. Ia sudah bergabung bersama salah satu tim amatir di Belanda yang bernama ESA ketika usianya baru menginjak 5 tahun. 

Memasuki usia remaja, Jayden menjadi 'rebutan' para pencari bakat tim-tim Belanda. Selain Vitesse, ada NEC Nijmegen, De Graafschap, dan PSV Eindhoven yang berminat untuk merekrutnya. 

Setelah mengikuti trial bersama beberapa tim tersebut, Jayden akhirnya memantapkan diri untuk bergabung bersama Vitesse. 

Keputusan memilih Vitesse terbilang tepat. Ia mampu mengembangkan kemampuannya bersama klub berjuluk 'Vitas' tersebut. Setelah dicoba di beberapa posisi, Jayden kini diplot sebagai gelandang bertahan. 

Dengan postur setinggi 189 cm, posisi gelandang bertahan dirasa layak untuk Jayden. Pasalnya, ia ditugaskan untuk menjaga kedalaman serta memutus alur serangan lawan. 

Jayden sendiri saat ini sudah memasuki tahun kesembilan bersama Vitesse. Jika mampu tampil konsisten, bukan tak mungkin ia bakal naik kelas ke tim utama dalam waktu dekat. 

Menyoal garis keturunannya, Jayden diketahui memilki darah Jakarta dan Manado dari sang kakek dan neneknya. Hal ini kemudian yang membuka peluangnya untuk membela Timnas U-19. 

Kehadiran Jayden dalam skuat 'Garuda Muda' diyakini akan membuat persaingan di lini tengah kian sengit diperebutkan. Pasalnya, Timnas U-19 baru saja kedatangan dua gelandang keturunan yakni Kelana dan Luah Mahessa. 

Lantas, layakkah Jayden masuk dalam skuat pilihan Pelatih Shin Tae-yong? Menarik dinantikan.

Sumber: kumparan.com

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan