HETANEWS.COM

Viral Mahasiswi di Makassar Cium Kaki Ortu Usai Wisuda, Begini Ceritanya

Tangkapan layar video viral mahasiswi di Makassar cium kaki ortu usai prosesi wisuda

Makassar, hetanews.com - Seorang mahasiswi di Kota Makassar, Rivqa Musjhtahida Arsyad (22) menjadi viral di media sosial setelah video dirinya mencium kaki kedua orang tua usai prosesi wisuda tersebar. Rivqa tak menyangka aksinya itu viral di media sosial.

Dalam video yang viral, terlihat Rivqa berlari ke arah orang tuanya yang berdiri di parkiran kampus. Kemudian dia pun mulai mencium kaki ayahnya dan disambut dengan pelukan hangat. Lalu, hal serupa juga dilakukan kepada ibunya.

Rivqa merupakan seorang sarjana program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) pada Fakultas Teknik, Universitas Bosowa (Unibos), Makassar. Dia mengaku refleks tak bisa menahan rasa yang bercampur aduk saat melihat orang tuanya di parkiran kampus. Dia hanya ingin menumpahkan rasa terimakasih.

"Iya, (di dalam video) itu memang saya. Saya juga nggak tahu kenapa viral, soalnya saya cuma refleks banget mau ucapin terimakasih ke orang tua yang sudah kuliahin saya," ujar Rivqa kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Rivqa Musjhtahida Arsyad (22) bersama kedua orang tuanya, Arsyad Hanafi dan Rusna Aning (dok. Istimewa).
Rivqa Musjhtahida Arsyad (22) bersama kedua orang tuanya, Arsyad Hanafi dan Rusna Aning

Rivqa menuturkan, momen seperti dalam video itu terjadi pada Senin (26/10) di kampus Unibos, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar. Pada awalnya, Rivqa tidak tahu orang tuanya berada di area kampus.

"Kemarin kan memang orang tua tidak diikutkan, wisudawan saja. Mama Papa itu menunggu di rumah," kata Rivqa.

Selesai momen wisuda, Rivqa ditemui sejumlah juniornya di kampus untuk sekadar foto bersama. Pada saat bersamaan, Rivqa ditelepon oleh orang tuanya.

"Sempat ditelepon orang tua tapi saya tidak lihat karena handphone saya mode silent," katanya.

Tanpa disangka oleh Rivqa, kedua orang tuanya ternyata menyusul ke kampus. Salah seorang junior Rivqa yang mengetahui hal ini langsung memberi tahu Rivqa. Sadar akan kedatangan orang tuanya, Rivqa refleks berlari ke arah mereka.

"Juniorku saat itu sempat bilang 'Kak Rivqa ayo foto dulu' saya bilang 'tunggu ada Mama Bapakku'. Saya larimi sambil bilang 'Mama, Bapak, sarjana ma', saya ingat perjuangan Bapak sama Mama itu cari uang demi saya kuliah bahkan di kampus swasta," tuturnya.

Rivqa melanjutkan, pada momen itu dia sangat ingin mencium kaki kedua orang tuanya. Meski hal tersebut tak bisa dia lakukan dengan leluasa.

"Mama sama Bapak dia tahan-tahan ka untuk cium kakinya," katanya.

Kedua orang tua Rivqa masing-masing bernama Arsyad Hanafi dan Rusna Aning. Sebagai anak sulung, Rivqa mengaku betul-betul paham fasilitas ekonomi yang ia terima selama kuliah.

"Untuk sebulan biasanya saya habis Rp 2,5 juta, itu di luar uang semester. Jadi berat sekali apalagi saya anak pertama," kata dia.

Untuk itu, Rivqa mengaku sangat bersyukur karena memiliki orang tua pejuang. Segala upaya halal dilakukan demi keluarga, terutama bagi Rivqa sebagai seorang anak.

"Kalau Bapak buka usaha cuci mobil. Kalau Mama itu, bikin kue, dijual secara online. Kalau ada lagi yang pesan dibikinkan," tutur Rivqa.

Terkait video dirinya yang viral, Rivqa mengaku tidak menyangka, bahkan dia awalnya tidak tahu momen itu direkam oleh salah seorang juniornya. Namun karena telanjur viral, dia menyebut semua anak pada dasarnya pasti ingin berbuat yang terbaik kepada orang tua.

"Tidak tahu sama sekali karena waktu itu mereka (junior) cuma singgah istirahat, tidak ada niat-niat atau pikiran mau bikin story begitu," pungkas Rivqa.

Sumber: detik.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan