HETANEWS.COM

Kampung Sembir, Destinasi Budaya yang Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal

Kampung Sembir di Purworejo. Foto: Instagram/@kampungbudayasembir

Hetanews.com - Berawaldari sebuah peradaban budaya, Kampung Sembir di Desa Bugel, Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pernah menjadi pelataran budaya di bumi Bagelen. Berbagai kesenian tradisional hidup berdampingan dengan warna khas budaya Bagelen.

“Hingga dekade sekitar tahun 1960-an, kehidupan itu masih sangat terasa. Bahkan sempat ada tobong khusus untuk panggung musik keroncong kala itu,” ujar Ketua Kampung Budaya Sembir Desa Bugel, Sumarno, menyitir dari laman KRjogja, Selasa (27/10/2020).

Kampung Budaya lahir atas inisiatif para tokoh muda dan para sepuh peduli budaya di desa itu yang kini mulai membangkitkan kembali warga masyarakat, untuk bersama-sama membidani lahirnya kembali Sembir sebagai kampung budaya.

Pengunjung yang datang akan disuguhkan oleh berbagai kesenian tradisional yang mulai dihidupkan kembali dengan menggalang anak-anak dan para remaja untuk bersama-sama terlibat dalam khasanah budaya.

“Kita ingin membangkitkan kembali kearifan lokal yang pernah ada di kampung ini,” kata inisiator Kampung Budaya, Putut Budi Santosa.

Sementara konsep ke depannya, Kampung Budaya akan menjadi pusat pengembangan berbagai seni tradisional, terutama yang pernah hidup di bumi Bagelen. Termasuk adat istiadat.

“Bahkan pada setiap kali kegiatan budaya, semua yang hadir diminta untuk mengenakan pakaian adat,” jelasnya.

Hanya saja karena kondisi yang belum memungkinkan, maka semua harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pengembangannya nanti kata Putut, masyarakat yang terlibat juga akan diberdayakan bersama, sehingga secara ekonomi pun masyarakat akan terangkat kesejahteraannya secara bersama-sama pula.

Sumber: okezone.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan