HETANEWS.COM

31 Pelajar Ditangkap di Demo Rusuh, Terhasut Akun 'STM Se-Jabodetabek'

Polisi tangkap admin dan kreator medsos provokasi demo omnibus law UU Cipta Kerja

Jakarta, hetanews.com - Polda Metro Jaya telah menahan 31 pelajar terkait demo UU Cipta Kerja yang diwarnai kericuhan di Jakarta. Alasan maraknya pelajar yang ikut demo tersebut pun terungkap.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengungkapkan, para pelajar tersebut mayoritas tergabung dalam satu grup 'STM se-Jabodetabek'. Lewat grup tersebut para pelajar memiliki satu kesamaan untuk bisa terlibat demo.

"Jadi mereka ada juga yang tadi mereka diajak oleh teman-temannya, kemudian rasa solidaritas tinggi bahwa mereka dalam suatu grup WhatsApp tersebut ataupun di akun STM se-Jabodetabek tersebut, ya mereka ada kesamaan. Istilahnya kesamaan satu rasa," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Nana juga mengatakan, saat dimintai keterangan para tersangka pelajar tersebut mengaku tidak mengerti terkait tuntutan mereka, khususnya UU Cipta Kerja. Rata-rata pelajar hanya ikut-ikutan karena terprovokasi akun 'STM Se'Jabodetabek'.

"Apakah mereka sebenarnya tahu yang kemudian mereka melakukan demo tujuannya apa? Misalnya masalah selama ini tentang UU Cipta Kerja. Mereka faktanya dari hasil keterangan sama sekali tidak tahu," terang Nana.

"Mereka selama ini hanya mengikuti ajakan yang tadi saya sampaikan melalui media sosial, kemudian ajakan secara langsung, mereka diajak oleh seseorang," sambung Nana.

Untuk itu polisi sendiri terus melakukan serangkaian pencegahan agar para pelajar tidak dimanfaatkan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab. Terakhir, bersama Pangdam Jaya, hingga Gubernur DKI Jakarta, polisi melakukan pertemuan dengan kepala sekolah se-Jabodetabek untuk membahas fenomena pelajar yang terlibat demo.

Sumber: detik.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan