HETANEWS.COM

Cara Aman Berkendara Motor Skutik, Bukan Cuma Gas dan Rem

Modifikasi Honda Vario 150 Full Karbon. Foto: www.2banh.vn

Jakarta, hetanews.com - Skuter matik ( skutik) memiliki keunggulan cara penggunaannya yang praktis, tinggal gas atau rem saja. Namun, dibalik kepraktisannya tersebut, jangan sampai terlena dan malah jadi bahaya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada tips aman untuk mengendarai skutik. Membawa skutik memang tidak berbeda jauh dengan motor lainnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Saat berhenti, pastikan jari stand by di handle rem dan dalam posisi mengerem atau ditarik handlenya. Yang ditakutkan adalah kaget sedikit bisa memengaruhi refleks menarik gas sehingga motor berjalan tak terkendali,” ujar Sony, Minggu (25/10/2020).

Yamaha NMAX Vs Aerox 155.
Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Sony menambahkan, jangan lengah ketika naik skutik, usahakan saat motor berhenti, mesin dalam kondisi mati. Selain itu, cara menarik gas atau berakselerasi harus halus, sesuai dengan kemampuan motornya.

“Begitu juga saat deselerasi, skutik tidak dilengkapi dengan engine brake, artinya menutup gas harus lebih jauh, agar tidak terlalu mengandalkan rem. Karena terlalu sering mengandalkan rem berakibat cepat panas,” kata Sony.

Kemudian untuk posisi berkendaranya, tidak berbeda jauh dengan motor lain seperti bebek. Bedanya ada di footstep yang luas, kadang membuat posisi tapak kai yang salah, seperti melebar di depan.

“Yang baik itu tapak kaki menghadap depan bukan melebar. Kalau melebar bisa berbahaya ketika ada rintangan di kanan dan kiri,” kata dia.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan