Labuan Bajo, hetanews.com -Kampung Melo merupakan desa wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur. Bertempat di Desa Liang Ndara, kampung ini hanya berjarak 45 menit dari Labuan Bajo. Desa wisata yang berdiri sejak 3 tahun ini sangat kental dengan adat tradisional suku Manggarai.

Saat sampai lokasi, upacara penyambutan khas dilakukan dan tidak lupa sebelum dimulainya upacara penyambutan, protokol kesehatan harus di lakukan. Di mulai dengan cek suhu tubuh, serta memakai hand sanitizer.

Setelah melakukan protokol kesehatan, upacara penyambutan dilakukan dengan menggunakan bahasa setempat. Selanjutnya, tradisi pengalungankain, serta pemberian tuak curu menjadi prosesi awal sebelum arak-arakan menuju rumah salah satu penduduk.

Saat arak-arakan, sang pemimpin rombongan memainkan musik dari sulingnya yang disebut dengan suling ratu, ini juga merupakan salah satu tradisi Kampung Melo. Setelah sampai di dalam rumah, tamu diberikan beberapa sajian seperti ayam putih dan juga minuman serta makanan.

Ini dilakukan sebagai tanda terim akasih kepada tamu yang berkunjung ke Kampung Melo. Sebagai gantinya, para tamu memberikan uang kepada tuan rumah sebagai simbol ucapan terima kasih.

Sumber: kompas.tv