HETANEWS.COM

Pangeran Brunei 'Abdul' Azim Meninggal di Usia 38 Tahun

Pangeran Azim dari Brunei menghadiri peluncuran Versus Versace yang dipandu oleh Donatella Versace di Lexington Avenue Armory pada 15 Mei 2013 di New York City. Foto: ASTRID STAWIARZ / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFP

Bandar Seri Begawan, hetanews.com - Putra Sultan Brunei, Pangeran 'Abdul' Azim pada Sabtu (24/10/2020) dikabarkan meninggal dunia di usia 38 tahun. Berita kematiannya dilaporkan oleh penyiar radio negara Brunei, Radio Televisi Brunei, dalam pengumuman resmi dan juga oleh surat kabar Borneo Bulletin.

Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Haji 'Abdul' Azim meninggal dunia pada 7 Rabi-ul-awal pukul 10.08 waktu setempat, sebagaimana yang dilansir dari The Straits Times pada Minggu (225/10/2020).

"Pemakaman akan berlangsung saat sholat Ashar (tengah hari) malam ini," kata pengumuman itu.

Sementara itu, penyebab dari kematiannya tidak disebutkan. Trah keempat untuk pewaris tahta Brunei, Pangeran 'Abdul' Azim adalah pangeran kedua dari Sultan Hassanal. Menurut laporan berita, seorang sumber dari Brunei mengatakan bahwa sang pangeran telah dirawat di rumah sakit beberapa lama.

Atas kematiannya, sumber itu mengatakan Brunei berada dalam masa berkabung selama 7 hari. Instruksi yang dikirim kepada warga, menurut laporan lokal, berbunyi, "Wanita Muslim diharuskan memakai tudung putih atau kerudung, dan non-Muslim diharuskan memakai ban lengan putih dengan lebar 3 inci (7,6 cm)."

Di Twitter, beberapa orang mengirimkan ucapan belasungkawa atas kabar meninggalnya pangeran, seperti Anwar Ibrahim dari Malaysia. Belasungkawa juga datang dari akun resmi kantor pemerintahan Johor, Malaysia.

"Belasungkawa kami yang terdalam kepada Keluarga Kerajaan Brunei atas wafatnya Duli Yang Teramat Mulia, Paduka Seri Pengiran Muda Haji 'Abdul' Azim Ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. Al-Fatihah."

Lahir di Bandar Seri Begawan pada 29 Juli 1982, Pangeran 'Abdul' Azim belajar di Sekolah Internasional Brunei, Lembaga Raffles Singapura dan Universitas Oxford Brookes. Menurut surat kabar Borneo Bulletin, mendiang pangeran dimakamkan di Royal Mausoleum di ibu kota pada Sabtu (24/10/2020).

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan