HETANEWS.COM

179.163 Petugas KPPS di Sumut Segera Lakukan Rapid Test

Petugas kesehatan menunjukkan sampel saat diagnostik cepat COVID-19 atau Rapid Test. Foto: Beritasatu

Medan, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) bekerja sama dengan dinas kabupaten/kota pada 23 daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, segera melakukan rapid test terhadap 179.163 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin Adnin mengatakan, rapid test terhadap petugas KPPS di kabupaten/kota di Sumut dimulai pada 6-23 November 2020. Upaya ini merupakan kewajiban dalam mengantisipasi penularan Covid-19.

"Dari 23 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada, ada 10 daerah yang menyatakan belum siap melaksanakan rapid test karena kurangnya alat," ujar Herdensi Adnin di Medan, Minggu (25/10/2020).

Disebutkan, 10 daerah yang kekurangan alat rapid test itu meliputi, Kabupaten Samosir, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Nias Barat, Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Toba, Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahid Hasibuan menyampaikan, pihaknya sudah diperintahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mengatasi masalah kekurangan alat rapid test untuk petugas KPPS di daerah penyelenggara Pilkada 2020 yang mengalami kekurangan alat tersebut.

"Kami sudah melakukan koordinasi langsung dengan pejabat daerah termasuk penyelenggara pilkada untuk mengatasi kekurangan. Kita belum mendapatkan laporan secara pasti, apakah kendala ini terkait anggaran atau karena alat rapid test tidak ada," katanya.

Berdasarkan laporan yang diterima, sambung Alwi Mujahit, ada kekurangan peralatan guna mengecek kesehatan calon anggota KPPS berjumlah total 55.250 orang. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan membutuhkan laporan resmi dari daerah. Pemprov Sumut menyatakan kesiapan untuk membantu.

Untuk di Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak yakni, Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga, Gunungsitoli dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian, Kabupaten Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.

Sumber: beritasatu.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan