Mon 21 Jan 2019

Mahasiswa USI “Nyaris” Bentrok Dengan Keluarga Silalahi, Bonataon Ditunggangi Aksi Politik

Aksi bakar ban yang dilakukan BEM USI karena menolak acara bonataon Silalahi Sabungan menampilkan atribut wesly diberbagai titik di kampus, jalan Sisingamangaraja, Sabtu (9/5).

Siantar, hetanews.com- Mahasiswa Universitas Simalungun (USI), Sabtu (9/5/2015) sekitar pukul 15.00 WIB nyaris bentrok dengan perkumpulan marga Silalahi Raja di gerbang utama Kampus USI, karena dinilai telah merusak indepedensi kampus dalam dunia politik.

Hal itu dipicu, sikap keluarga Silalahi yang menolak aksi bakar ban untuk menolak keberadaan seluruh atribut Wesly Silalahi yang digadang-gadang sebagai salah satu balon Walikota Siantar 2015-2020 dipajang di lingkungan kampus USI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kru redaksi Hetanews di lapangan, aksi mahasiswa itu dilakukan secara spontanitas, sebab, menurut mahasiswa, kegiatan pesta Bonataon Silalahi Sabungan itu telah ditunggangi kepentingan politik oleh kubu Wesly Silalahi yang disebut-sebut sebagai balon walikota periode mendatang.

Hal itu dapat dilihat dari banyaknya atribut Wesly Silalahi yang terpajang disekitar kampus Universitas Simalungun sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan pesta Bonataon Silalahi Sabungan. “Dari tadi malam kami perhatikan, banyak yang pasang atribut Wesly disini.

Selain itu, kami juga dengar ada teriakan dari dalam auditorium Hidup Wesly, Hidup Wesly. Makanya kami selaku mahasiswa menolak hal itu karena itu sarat dengan kampanye,” ujar Andi Simanjuntak, Mahasiswa Fakultas Tekni Universitas Simalungun.

Selama ini, sambung Andi, pihaknya tetap menolak semua kegiatan di lingkungan USI, terutama yang berbau kampanye politik dari siapapun. Sebab, kampus Universitas Simalungun selaku lembaga akademik harus netral dari aktifitas politik yang dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Jika hal itu dilanggar oleh pihak Yayasan, sambung Andi, pihaknya tetap akan melakukan perlawanan untuk tetap menyuarakan jika kampus Universitas Simalungun harus tetap Netral dari setiap kegiatan berbau politik yang dapat menguntungkan salah satu pihak.

Sayangnya, hingga saat ini hal pihak Panitia pelaksana Kegiatan Pesta Bonataon Silalahi Sabungan belum berhasil dikonfirmasi terkait tudingan tersebut, dan mengapa mereka menampilkan atribut Wesly Silalahi bertaburan di halaman kampus.

Penulis: sofyan. Editor: ebp.
Komentar 2