HETANEWS.COM

Jaga Persatuan, Jazilul Fawaid Ajak Pemuda Pahami Makna Sumpah Pemuda

Jakarta, hetanews.com - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengajak generasi muda meneladani semangat perjuangan para pemuda Indonesia di masa lalu. Melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia bersatu untuk mengeluarkan Indonesia dari penjajahan hingga bisa menjadi bangsa yang mandiri.

Jazilul mengatakan Sumpah Pemuda merupakan cikal bakal adanya Indonesia. Substansi dalam Sumpah Pemuda menurutnya masih relevan bagi bangsa Indonesia sampai kapanpun.

Politisi PKB itu menyatakan, Sumpah Pemuda menjadi cerminan persatuan para pemuda yang berasal dari berbagai suku, agama, dan bahasa, yang peduli terhadap masa depan bangsanya.

Sikap anak-anak muda yang mementingkan keutuhan bangsa ketimbang primordialisme, menurut Jazilul perlu ditiru generasi muda saat ini. Para pemuda saat itu sadar perjuangan akan lebih maksimal jika dilakukan bersama-sama, tanpa memandang suku, bahasa, agama.

"Pikiran mereka sangat cerdas. Melepas keragaman untuk Indonesia," kata Jazilul dalam keterangannya, Minggu (25/10/2020).

Semangat Sumpah Pemuda, kata Jazilul, perlu terus dirawat, dilestarikan, dan diserukan. Ia memandang semangat Sumpah Pemuda merupakan pondasi untuk menjaga persatuan Indonesia sebagai bangsa besar yang terdiri dari ribuan pulau dengan beragam suku, agama, dan bahasa.

Jazilul pun mengajak masyarakat Indonesia berkaca pada sejarah, memahami pentingnya persatuan untuk meraih tujuan bangsa.

"Persatuan inilah yang membuat kita merdeka dan menjadi negara besar," ungkap Jazilul.

Persatuan, menurut pria asal Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur itu bisa didapatkan karena masing-masing pihak tidak ingin menonjolkan diri atau merasa paling benar dan besar. Ia berpesan persatuan bangsa perlu dijaga dan diutamakan sepanjang masa.

"Untuk melawan kebodohan dan kemiskinan juga memerlukan persatuan dan kepedulian semua rakyat Indonesia," imbuh Jazilul.

Sumber: detik.com

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan