HETANEWS.COM

Keluhan Warga Ke TPS: Pemkab Simalungun Perbaiki Jalan, Tapi Tidak Sampai Kampung Kami

TPS saat berjalan menyusuri jalan rusak.

Simalungun, hetanews.com - "Jalan menuju kampung kami ini pernah diperbaiki Pemkab Simalungun. Tapi perbaikannya tidak sampai ke kampung kami."

Demikian keluhan warga Dusun Onom Negeri Bayu Dua Nagori Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Siburian, kepada calon Wakil Bupati Simalungun, Tumpak Siregar SH, Sabtu (24/10/2020). 

Siburian mengaku mengapresiasi program pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, H Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Hasim-TPS), terutama pembangunan jalan, khususnya di Simalungun bawah.

"Jalan di sini cuma ada satu, itu jalan keluar-masuk. Bisa dibilang juga jalan lintas. Karena di bawah sana juga ada perkampungan," terangnya.

Di dalam pertemuan dengan TPS di rumah salah seorang warga, Pridasma Simanjuntak itu, Siburian mengatakan, karena tidak kunjung diperbaiki, maka warga berinisiatif memperbaiki sendiri jalan di kampung mereka.

"Sehingga kami perbaiki sendiri dengan bergotong-royong. Dananya kami kumpulkan dari patungan warga. Di sini juga ada jembatan yang kondisinya kurang bagus. Kami berharap itu diperbaiki," jelasnya. 

Siburian juga memaparkan, banyak warga yang bekerja sebagai buruh tani. Sedangkan kaum ibu, lanjutnya, sehari-hari memungut pelepah daun kelapa sawit untuk dijadikan sapu lidi. 

"Harganya Rp2.700 per kilogram. Ya begitulah untuk menambah pendapatan. Kalau anak muda di sini, ada yang bekerja di ladang, juga bekerja di luar kampung ataupun merantau," terangnya. 

Dalam kesempatan itu, TPS menerangkan, salah satu programnya bersama Hasim adalah pembangunan jalan di Kabupaten Simalungun yang tuntas dalam empat tahun. Juga pengurusan administrasi kependudukan yang cukup hanya di tingkat kecamatan, sehingga warga tidak perlu jauh-jauh ke Raya. 

Suami Nuraini br Sirait itu menambahkan, untuk lapangan pekerjaan, Hasim-TPS akan berusaha agar perusahaan-perusahaan yang ada di Simalungun mengutamakan putra-putri daerah sebagai pekerja.

"Misalnya di Kawasan Industri Sei Mangkei. Kita mau 80 persen karyawannya merupakan putra-putri Kabupaten Simalungun. Saya yakin, banyak putra dan putri Simalungun memiliki kemampuan di berbagai bidang," kata TPS.

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan