HETANEWS.COM

Borong Senjata AS, Taiwan Bantah Saingi Tiongkok

Pasukan artileri Taiwan melakukan latihan militer. Pulau itu telah berjanji untuk terus membeli senjata dari Amerika Serikat (AS), meskipun ada penolakan dari Tiongkok. Foto: AFP

Taipei, hetanews.com - Taiwan menyatakan tidak ingin terlibat dalam perlombaan senjata dengan Tiongkok. Tetapi Taiwan membutuhkan kemampuan tempur yang kredibel, Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Yen De-fa pada Kamis (22/10), setelah Amerika Serikat (AS) menyetujui rencana penjualan senjata senilai US$ 1,8 miliar (Rp 26,3 triliun).

Beijing telah menerapkan tekanan yang meningkat pada Taiwan yang diperintah secara demokratis untuk menerima kedaulatan Tiongkok, termasuk dengan menerbangkan jet tempur melintasi garis tengah Selat Taiwan yang sensitif.

Beijing telah mendesak Washington untuk membatalkan penjualan yang direncanakan dan memperingatkan bahwa Tiongkok akan "membuat tanggapan yang sah dan perlu sesuai dengan bagaimana situasi berkembang.

Pembelian merupakan paket senjata termasuk sensor, rudal dan artileri. Pemberitahuan kongres lebih lanjut diharapkan untuk drone yang dibuat oleh General Atomics dan rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, yang dibuat oleh Boeing Co. Senjata ini berfungsi sebagai rudal jelajah pertahanan pantai.

Di antara sistem persenjataan lain, pemberitahuan resmi Rabu kepada Kongres oleh Departemen Luar Negeri AS adalah 11 peluncur roket berbasis truk yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp yang disebut Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), dengan perkiraan biaya US$ 436,1 juta (Rp 6,38 triliun).

Berbicara kepada wartawan, Yen berterima kasih kepada AS. Dia mengatakan penjualan itu untuk membantu Taiwan meningkatkan kemampuan pertahanan dalam menghadapi "ancaman musuh dan situasi baru".

“Peningkatan ini termasuk kemampuan tempur yang kredibel dan kemampuan peperangan asimetris untuk memperkuat tekad kami untuk mempertahankan diri. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya AS terhadap keamanan di Indo Pasifik dan Selat Taiwan. Kami akan terus mengonsolidasikan kemitraan keamanan kami dengan Amerika Serikat,” tambahnya.

Sumber: beritasatu.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan