HETANEWS.COM

Menjaga Cagar Budaya BangsaCara Melestarikan Budaya Indonesia

Sejumlah gadis yang mengenakan baju adat tradisional Gorontalo. Busana ini penuh simbol yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat. Foto: KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR

Hetanews.com - Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Dengan banyaknya pulau, tentu mengakibatkan banyak suku bangsa yang ada di Indonesia. Keanekaragaman suku bangsa ini menimbulkan banyak keragaman adat dan budaya.

Meski berbeda suku dan budayanya, warga Indonesia mampu membawa perbedaan itu menjadi kekuatan bangsa. Dalam buku Keindonesiaan dalam Budaya (2007) karya Edi Sedyawati, setiap daerah memiliki ciri khas dan istilah masing-masing dalam budayanya.

Meski memiliki perbedaan istrilah, arti yang diungkapkan pasti sama. Berbagai bentuk budaya daerah merupakan akar dari budaya nasional. Jika budaya daerah berkembang, maka budaya nasional juga turut berkembang.

Keragaman tersebut mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Perbedaan dari masing-masing daerah wajib dihargai, baik di lingkungan tempat tinggal, masyarakat, dan sekolah. Terdapat beberapa sikap untuk menghargai budaya orang lain, yaitu:

Mau belajar budaya daerah lain

Melihat pertunjukkan atau pentas budaya daerah

Tidak menganggap budaya lain itu rendah dibandingkan budaya sendiri

Menghindari sikap kedaerahan

Melestarikan budaya

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, kebudayaan memegang peran penting dalam majunya bangsa Indonesia.

Di tengah-tengah era peradaban dunia yang semakin ketat, menjadikan budaya sebagai salah satu investasi yang mampu membangun negara di masa depan. Beberapa cara untuk melestarikan budaya, di antaranya:

Mengajarkan budaya ke orang lain

Setelah mengetahui seluk beluk budaya sendiri, sebaiknya menyampaikan hal tersebut kepada oranmg lain. Salah satu caranya adalah mengajarkan kepada orang lain, baik di lingkungan rumah atau sekolah.

Dengan mengajarkan budaya kita ke orang lain, maka semakin banyak orang yang mengetahui mengenai budaya daerah sendiri maupun budaya daerah lain. Sehingga memperkaya diri sendiri dan orang lain dengan pengetahuan kebudayaan.

Semakin banyak pengetahuan budaya yang dimiliki, maka semakin besar rasa kita untuk saling menghormati kebudayaan orang lain.

Grup tari Surya Gamelan saat tampil pada acara Malam Budaya Indonesia di Yunani pada Rabu, 10 Juli 2019.

Memperkenalkan budaya ke negara lain

Selain memperkenalkan budaya sendiri di dalam negeri, kita juga patut memperkenalkan budaya kita ke luar negeri. Terlebih dengan teknologi media sosial yang semakin canggih. Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa memposting foto maupun video kesenian lokal dan budaya daerah Indonesia.

Dengan memposting hal tersebut, maka secara tidak langsung sudah memperkenalkan budaya kita ke luar negeri. hal ini karena yang memanfaatkan media sosial atau internet tidak terbatas hanya orang Indonesia saja, melainkan semua orang di dunia.

Memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri juga bisa dengan menggunakan pakaian-pakaian yang mencerminkan budaya Indonesia.

Bagi beberapa orang yang sedang bekerja, sekolah, atau liburan ke luar negeri bisa menggunakan baju-baju produk hasil budaya lokal. Jika ada salah satu produsen baju lokal Indonesia di luar negeri, bisa menjadi sarana yang baik untuk kita menggunakannya.

Tidak terpengaruh budaya asing

Untuk melestarikan budaya sendiri, sebaiknya kita tidak terpengaruh dengan budaya negara lain. Pada era globalisasi saat ini, budaya asing sangat mudah masuk ke tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Dengan banyak budaya asing yang masuk, sebaiknya kita menjadikan budaya sendiri sebagai identitas diri. Menjadi peluang untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Meski budaya asing dinilai lebih modern dan lebih gaul, budaya Indoensia juga tidak kalah bagusnya untuk diperkenalkan.

Jika budaya asing begitu-begitu saja, budaya Indonesia justru banyak ragamnya. Selain tidak terpengaruh budaya asing, sebaiknya kita tetap memilah budaya asing untuk dipelajari.

Jangan sampai asal memilih dan menghilangkan budaya sendiri. Kita boleh mempelajari budaya asing, namun harus dengan cermat. Mengambil sisi positif yang bisa mengembangkan diri kita, tanpa menghilangkan jati diri kebudayaan sendiri.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan