HETANEWS.COM

Bang Hasim Nikmati Kopi Saitbuttu, Siap Bantu Kembangkan UMKM Simalungun

Hasim saat melihat pembuatan kopi.

Simalungun, hetanews.com - Salah satu program pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Simalungun H Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar SH (Hasim-TPS) adalah membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bagi Hasim-TPS, semakin banyak dan berkembangnya UMKM, tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk menyerap tenaga kerja.

Muhajidin Nur Hasim mengatakan hal itu saat mengunjungi Kedai Kopi Sac Ngobrol Pintar di Nagori Saitbuttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Jumat (23/10/2020). Di kedai kopi tersebut, pria yang juga dikenal dengan panggilan Bang Hasim itu menikmati kopi bersama warga, sekaligus mengobrol dengan Barista Bayan.

Hasim melihat langsung bagaimana Barista Bayan meracik kopi. Selanjutnya, dengan dibimbing Barista Bayan, suami Hazizun Rani itu mencoba meracik kopi sendiri. 

"Ini dia barista ala Bang Hasim," ujarnya sembari tertawa yang juga disambut tawa warga lainnya.

Barista Bayan mengatakan, kopi yang diraciknya merupakan kopi asli Saitbuttu.

"Kita sendiri langsung menggiling kopinya," kata Barista Bayan. 

Hasim sendiri mengaku takjub dengan keahlian dan kreativitas pemuda di Simalungun seperti Bayan. Mereka, katanya, mau belajar dan membuka usaha sendiri. 

"Semakin banyak para pelaku UMKM di Kabupaten Simalungun ini, kan semakin bagus. Akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Hasim.

Masih kata Hasim, jika nantinya ia bersama TPS dipercaya menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, akan mengembangkan UMKM, termasuk memberikan bantuan modal.  

"Saya bersama Bang TPS sudah berbicara dengan pihak perbankan agar memberikan pinjaman lunak kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Simalungun," kata Hasim.

Barista Bayan mengucapkan terima kasih kepada Hasim yang telah datang ke kedai kopinya. Ia mengaku yakin akan memenangkan Hasim-TPS di Pilkada Simalungun 9 Desember mendatang.

"Kalau seperti itu programnya, saya mendukung Hasim-TPS menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun. Saya juga akan menyampaikan program Hasim-TPS kepada teman-teman yang datang ke mari dan para pelaku UMKM lainnya," jelas Bayan. 

Sebelumnya, Hasim menunaikan sholat Jumat di Masjid Al Ikhlas Saitbuttu, Kecamatan Pamatang Sidamanik. Hasim mengatakan, sholat Jumat dilaksanakan berjamaah. Dalam sholat berjamaah, lanjutnya, ada unsur kebersamaan. Di dalam kebersamaan, tentunya mesti terarah sesuai tujuan, dan membutuhkan seorang pemimpin. 

"Sholat berjamaah tidak mungkin bisa selaras dan seiring gerakan para jamaah jika tidak ada imam yang memimpin," ujar Hasim. 

Hasim mengaku, dalam kehidupan sehari-hari, ia senantiasa mengutamakan sholat. Termasuk saat dirinya sedang sibuk beraktivitas.

Usai sholat, Hasim beserta ulama dan masyarakat makan siang bersama.  

"Saya mohon doa restu dari Bapak-bapak dan ulama untuk membangun Kabupaten Simalungun," pinta Hasim. 

Penulis: leonardo. Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan