HETANEWS.COM

Ini Film Paling Menakutkan Menurut Sains, Berani Nonton?

Rekomendasi kostum Halloween dari film horor.

Hetanews.com - Sebagian besar orang di dunia mungkin pernah menonton film horor, mistis, atau pembunuhan yang bisa memicu adrenalin dan membuat ketakutan siapa saja yang melihatnya. Namun yang jadi pertanyaan, film horor mana yang paling menakutkan?

Broadbandchoices--platform pembanding tawaran layanan jaringan Broadband-- punya jawabannya. Platform ini melakukan sebuah penelitian yang disebut “Science of Scare Project”, di mana ia mampu melacak detak jantung 50 orang dari berbagai usia yang menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.

Dari sekian banyak film yang ada, Broadbandchoices mempersempit daftar dan terpilihlah 35 film yang diyakini paling menakutkan yang pernah dibuat. Penilaian itu diambil berdasarkan rating tertinggi dari situs IMDB, Rotten Tomatoes, dan Reddit.

Studi ini memang sangat terbatas karena dilakukan dalam skala kecil. Tapi bagaimanapun, penelitian telah mengungkapkan hal apa saja yang bisa membuat orang ketakutan, dan seberapa besar film horor bisa memicu rasa takut dalam diri seseorang.

Ini Film Paling Menakutkan Menurut Sains, Berani Nonton? (1)
Ilustrasi wanita seram.

Dalam penelitian tersebut, setiap anggota studi dilengkapi dengan monitor detak jantung untuk melihat seberapa banyak detak jantung meningkat selama menonton film horor. Semua data kemudian dikumpulkan dan didapatlah satu film yang paling menakutkan berdasarkan hasil studi tersebut.

“Penelitian Science of Scare kami dirancang untuk membantu orang menemukan film paling menakutkan secara ilmiah yang pernah dibuat, untuk menghemat waktu mereka dalam mencari ribuan judul di seluruh layanan streaming seperti Amazon, Netflix, dan Shudder," ujar Daniel Clifford, yang melakukan penelitian tersebut sebagaimana dikutip Forbes.

Dari sekian film yang dilibatkan dalam penelitian, berdasarkan detak jantung peserta, tidak ada film yang paling memicu detak jantung selain Sinister (2012), film horor thriller dibintangi Ethan Hawke. Dalam film itu Hawke berperan sebagai penulis kriminal yang menyelidiki serangkaian pembunuhan keluarga mengerikan.

Ini Film Paling Menakutkan Menurut Sains, Berani Nonton? (2)
Film Sinister yang disebut paling menakutkan.

Saat menonton film Sinister, detak jantung rata-rata setiap peserta meningkat sebanyak 32 persen dari detak jantung saat istirahat, dari 65 BPM (denyut per menit) menjadi 86 BPM. Adapun lompatan detak jantung terbesar terjadi dalam film Insidious, sebuah film dari James Wan yang memiliki momen mengejutkan hingga membuat detak jantung peserta meningkat hingga 133 BPM.

Secara skor keseluruhan, film Insidious berada di posisi kedua setelah Sinister. Dari hasil tersebut ada delapan film lain yang mengikuti Sinister dan Insidious, yakni The Conjuring, Hereditary, Paranormal Activity, It Follows, The Conjuring 2, The Babadook, The Descent, dan The Visit.

Dengan hasil tersebut, studi ini juga mengungkapkan bahwa James Wan dijuluki sebagai “raja horor” oleh Broadbandchoices. Hal itu merujuk pada tiga film yang disutradarai Wan yang masuk dalam 10 besar film paling menakutkan menurut Broadbandchoices.

Sumber: kumparan.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan