Jakarta, hetanews.com - Kamis tanggal 22 Oktober 2020 hari ini, seluruh santri di Indonesia sedang merayakan Hari Santri Nasional.

Soal santri, kelompok pelajar keagamaan ini memang selalu memunyai cerita tersendiri di Indonesia.

Selain sepak terjang prestasi mereka, ada pula cerita-cerita unik yang kerap melekat dengan mereka, salah satunya soal sopan santun.

Misalnya, ada kejadian unik ketika dua orang santri masuk bioskop. Salah satunya terlihat melepas alas kaki yang dikenakannya.

Seperti yang kita tahu, seluruh lantai bioskop dilapisi oleh karpet. Dalam sebuah video singkat yang dibagikan oleh akun Instagram @media.virals, ada kejadian menarik.

[Twitter]
[Twitter]

Dalam video tersebut, terlihat dua orang santri akan masuk bioskop. Keduanya mengenakan baju koko lengkap dengan kopiah dan sarung.

Video tersebut bertuliskan, “Ketika anak santri pertama kali ke bioskop.” Tanpa diduga, salah satunya melepas sandal yang dipakainya ketika melewati pintu bioskop.

Si santri yang bersarung hitam-putih sempat melangkah bertelanjang kaki ke dalam bioskop. Setelah beberapa langkah, barulah dia kembali untuk memakai sandalnya.

Video tersebut mencantumkan keterangan, “Ketika anak pesantren datang kebioskop dengan kebiasaan yang baik & patut diapresiasi.”

Warganet banyak yang menyetujui pendapat tersebut. Seperti yang menulis,”Alhamdulillah masih ada orang-orang yang mengutamakan kesopanan dan terbiasa dengannya sehingga selalu melekat dimanapun berada.”

Sementara yang lain menulis kalau itu merupakan ciri-ciri orang yang mengutamakan hidup sopan dan bersih. Netizen lain memuji sikap si santri, “Sopan betul nak.”

Sepertinya sudah jadi kebiasaan para santri untuk melepas alas kaki saat memasuki suatu tempat.

Seperti cerita seorang netizen, “Persis kek adik gue mondok dari umur 6 udah 2 taun giliran diajak jalan” masuk ATM&mini market sandalnya dilepas dan gue gk sadar dia didalem gk pake sandal tau’y setelah keluar dri mini market.”

Sumber: suara.com