Jakarta, hetanews.com - Upacara bendera merupakan momen khidmat yang kerap menjadi salah satu cara untuk memupuk nasionalisme. Akan tetapi, sering kali dalam upacara bendera terjadi sesuatu yang tidak terduga misalnya tali tiang bendera putus.

Akibatnya beberapa kali kisah seorang bocah yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus viral di media sosial.

Dihimpun Suara.com, berikut adalah beberapa momen bocah memanjat tiang bendera saat upacara demi memperjuangkan merah putih agar tetap bisa berkibar.

1. Santri Didin asal Ponpes Gorontalo

Terbaru, seorang santri asal Pondok Pesantren Al-Islam, Gorontalo yang diketahui bernama Didin viral di media sosial.

Secara spontan saat upacara Hari Santri Nasional 2020, ia memanjat tiang bendera yang talinya putus.

Meski masih mengenakan sarung, Didin memanjat tiang bendera dengan sigap. Video yang merekam detik-detik Didin memanjat tiang bendera tersebut salah satunya diunggah di YouTube oleh pemilik akun Petruk Sugiarta.

Santri panjat tiang bendera di Hari Santri Nasional. (YouTube/Petruk Sugiarta)
Santri panjat tiang bendera di Hari Santri Nasional.

2. Aksi Yudha Rizki asal Probolinggo

Seorang pelajar SMA di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur bernama Yudha Rizki mendadak viral tahun 2019 lalu saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pasalnya, Yudha memanjat tiang bendera untuk membetulkan bendera merah putih yang tersangkut akibat empasan angin saat upacara detik-detik Kemerdekaan pada Sabtu (17/8/2019).

Kepala SMAN 1 Dringu Atim Sucianah mengapresiasi aksi heroik Yudha dan membenarkannya kepada media.

"Benar tadi murid kami yang membetulkan bendera yang tersangkut, tentu kami bersyukur punya siswa yang membanggakan karena cinta bangsanya,” kata Atim melalu saat dihubungi jatimnet.com-jaringan Suara.com pada, Sabtu (17/10/2019).

3. Aksi Rizky Rasyid asal Gorontalo

Rizky Rasyid, pelajar SMP Negeri 1 Dulupi, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, melakukan aksi heroik dengan memanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-74 pada Sabtu (17/8/2019).

Camat Dulupi, Herman Laima mengatakan aksi tersebut dilakukan secara spontan oleh Rizky saat ia melihat pengait tali yang berada di ujung tiang bendera terlepas.

"Saat pengibaran bendera, pasukan pengibar bersiap untuk menarik bendera, namun tiba-tiba pengait terlepas, dan secara spontan ia berlari, mencopot sepatu dan memanjat tiang bendera untuk mengambil pengait yang lepas di ujung tiang," katanya seperti dikutip Suara.com dari Antara.

4. Aksi bocah Joni asal NTT

Tahun 2018 silam, seorang bocah asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Yohanes Ande Kala Marschal alias Joni mendadak jadi perbincangan publik.

Sebab, kala itu Joni nekat memanjat tiang bendera setinggi kurang lebih 15 meter saat mengisi hari kemerdekaan.

Berkat aksi heroik itu, Joni mendapat beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Itulah sejumlah aksi heroik generasi penerus bangsa yang patur diberi apresiasi lebih.

Sumber: suara.com