HETANEWS.COM

Gagal Curi Jahe, 2 Pemuda Asal Girsip Diganjar 12 Bulan Penjara

Kedua terdakwa divonis 1 tahun penjara, disidang online PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua pemuda asal Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun, Sendi Haryanto (20) dan Ade Asmi Pratama (21), masing - masing dibui 12 bulan penjara.

Putusan hakim, pimpinan Roziyanti, dibacakan dalam persidangan online PN Simalungun, Kamis (22/10/2020).

Keduanya dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 363 ayat (1) ke-4KUHPidana. Perbuatan itu dilakukan kedua pemuda ini, pada Jumat, 3 Juli 2020 lalu, sekira pukul 23.30 WIB, di ladang jahe milik Dorlan br Sinaga, di Dusun II Sitabu, Nagori Sipangan Bolon Induk, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Tengah malam itu, dengan mengendarai sepeda motor, kedua terdakwa masuk ke ladang dan membongkar jahe yang sudah berusia 8 bulan milik korban. Kemudian dimasukkan ke dalam goni yang telah dipersiapkan para terdakwa.

Namun kedua terdakwa merasa ketakutan, setelah mendengar suara orang yang datang ke ladang dan bersembunyi, diantara semak - semak.

Saksi Bob Putra Manurung dan Krisdon Rianto Damanik, melihat ada sepeda motor dan juga goni berisi jahe.

Kedua saksi sempat melihat kedua pelaku kabur. Lalu para saksi, membawa barang bukti tersebut kepada pemilik ladang jahe, Dorlan br Sinaga.

Sekitar pukul 01.00 WIB, tengah malam, kedua pelaku datang ke rumah korban, bersama M Hamzah untuk mengambil sepeda motornya. Dan kedua terdakwa mengakui perbuatannya, telah mengambil jahe milik korban tanpa ijin.

Lalu korban melaporkan perbuatan kedua terdakwa ke Polsek Parapat untuk diproses hukum. Sebelumnya, kedua terdakwa dituntut 18 bulan penjara oleh jaksa Melnita.

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan