HETANEWS.COM

John Chardon, Pembunuh Wanita Asal Surabaya Meninggal di Penjara

John Chardon pembunuh Novy

Australia, hetanews.com - John Chardon terpidana kasus pembunuhan wanita asal Surabaya, meninggal dunia di penjara Wolston Queensland, Australia. Dia meninggal akibat serangan jantung setelah menjalani satu tahun hukuman penjaranya.

Kamis (22/10/2020), jutawan Gold Coast itu divonis hukuman 15 tahun penjara pada tahun 2019 setelah terbukti bersalah atas kematian istrinya, Novy Chardon.

Pria berusia 73 tahun itu meninggal dunia di penjara Wolston Queensland, Rabu (21/10) waktu setempat.

"Queensland Corrective Services (QAS) dapat mengkonfirmasi bahwa seorang tahanan berusia 73 tahun telah meninggal setelah menderita apa yang tampaknya merupakan insiden medis di Pusat Pemasyarakatan Wolston," kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.

"Pria itu mendatangi pusat medis di penjara karena menderita sesak napas sebelum menurun drastis. QAS hadir, tetapi upaya oleh staf kesehatan, petugas dan paramedis untuk menyadarkan pria itu tidak berhasil," imbuhnya.

Jutawan asal Brisbane ini berstatus duda saat menikahi Novy yang usianya berjarak hampir setengahnya. Rumah tangga mereka mengalami masalah terkait urusan perceraian dan hak asuh kedua anak mereka dan pada Februari 2013, Novy dilaporkan hilang.

Chardon dihukum karena pembunuhan pada September 2019, dituduh membunuh istrinya di tengah pertengkaran sengit atas hak asuh kedua anak mereka. Ibu dua anak berusia 34 tahun itu menghilang dari mansion Upper Coomera mereka pada malam 6 Februari 2013.

Meski pihak berwajib yang dibantu para relawan telah melakukan berbagai upaya pencarian, namun jasad wanita asal Surabaya itu tidak ditemukan sampai saat ini.

Chardon bersikeras mengaku tak bersalah selama persidangan dan mengklaim dia tidak tahu apa-apa tentang hilangnya Novy.

Persidangan kasus ini melibatkan lebih dari 70 saksi dan mengungkap kisah keretakan rumah tangga pasangan John dan Novy.

Seorang rekan John dari Filipina, Marshall Aguilor, memberikan keterangan jika John telah memintanya mencari pembunuh bayaran untuk menyingkirkan Novy saat berada di luar negeri. Marshall dalam keterangannya mengatakan bahwa John mengirimkan uang untuk membeli senjata, tapi dia tak pernah membelinya.

sumber: detik.com

Editor: Sella Simorangkir.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan