Simalungun, hetanews.com - Aliansi masyarakat Silabah Jaya Kecamatan Dolok Pardamean, yang diketuai Jhon Dearman Turnip menuding perangkat desanya sengaja menutup nutupi anggaran dana desa.

Hal itu disampaikannya saat ditemui awak media ini pada senin (19/10/2020) lalu ditemani sejumlah anggota aliansinya menyampikan keluhannya pada wartawan terkait banyaknya temuan kejanggalan di wilayahnya.

Terkhusus pada sistem kerja perangkat Nagori Silabah Jaya yang ditenggarai 
kurang menjujung azas tranparasi terkait penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) pada sejumlah Proyek ADD mulai dari Tahun 2015 - 2020. 

Bahkan saat warga meminta waktunya untuk beraudensi dengan Kepala Desa Silabah Jaya, Bitnen Sijabat, saat  diadakan Muswarah Desa, Mudes pun yang dilaksanakan pada tanggal (24/09/2020) lalu. 

Akan tetapi sayangnya saat pelaksanaan Musdes itu pun tidak didapat hasil yang memuaskan sejumlah warga yang meminta Kepala Desa Silabah Jaya agar transparan mengenai data dan Anggaran Dan Desa (ADD).

Namun sayang sejumah aspirasi warga pun malah ditolak mentah- mentah oleh pangulu nagori dengan nada pongah nya bahkan sambil menggesekan jari tangannya ke lehernya sendiri. 

Tak hanya itu sembari  mengatakan walau dipotong pun leher ku pun, pihaknya tidak akan menyerahkan data  secara transparan seperti LPJ,Rab dan data lainnya. 

"Maujana atau BPD saja tidak berhak memeriksa aku,apalagi masyarakat," ujarnya dalam bahasa batak.

Dengan alasan bahwa data yang diminta adalah salah satu dokumen negara, sehingga warga masyarakat tidak berhak untuk mengetahuinya. ujar warga meirukan kembali ucapan sang Kepala Desa Silabah Jaya itu. 

Sejumlah warga pun merasa tidak puas sehingga dalam waktu dekat berencana untuk membuat pengaduan pada pihak inspektorat dan Dinas DPMPN Pemkab Simalungun sesuai arahan pihak Kecamatan Dolok Pardamean. 

Sehingga  ratusan tanda tangan warga masyarakat pun akhirnya tertuang dalam beberapa helai kertas yang menuntut transparasi pihak Kepala Nagori Silabah Jaya Kecamatan Padamean kabupaten Simalungun. 

Ketua Aliansi Masyarakat Sibah jaya, Jhon Dearman T,  sembari meberikan sejumlah photo yang merupakan hasil jepretannya sore itu pada wartawan.