HETANEWS.COM

Proses Hukum Opung Esterlan boru Sihombing Belum Juga Tuntas, Dia Harus Naik RBT dan Rental Mobil

Nenek Esterlan di dampingi pengacaranya. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Inilah fakta kehidupan yang dialami masyarakat saat berhadapan dengan hukum, di negara ini.

Proses hukum pidana yang dialami opung (nenek) Esterlan br Sihombing yang sudah berusia 80 tahun, warga Huta III Simangonai, Nagori Jawa Baru, tak juga berakhir hingga hari ini.

Episode demi episode dijalani wanita tua yang sudah tak kuat lagi berjalan, dan harus menggunakan tongkat dan dipegang sang cucu untuk menaiki anak tangga kantor aparat penegak hukum (APH), di jalan Asahan Km 4,5.

Setiap Minggu, dia harus menghadiri sidang dengan menempuh perjalanan lebih kurang 4 jam dari kediamannya, menuju kantor jaksa dan kantor pengadilan.

"Harus pakai mobil rental, karena payah opung naik bus. Dari rumah pun harus naik RBT 1 jam, jadi terpaksa setiap sidang ya rental mobil,"kata cucunya yang setia mengantarkan oppungnya untuk disidangkan.

Baca juga: Jaksa Masih Koordinasi Terkait Vonis Opung Esterlan boru Sihombing

Hari ini, Rabu (21/10/2020), Opung Esterlan harus berangkat pukul 06.00 WIB pagi dan sampai di kantor APH itu, sekitar pukul 10.30 WIB untuk disidangkan. Putusan hakim mengatakan, jaksa penuntutan jaksa tidak dapat diterima. Artinya, status nenek Esterlan belum jelas karena jaksa bisa saja banding.

Perkara Nenek Esterlan mulai disidangkan pada Senin, 2 Maret 2020 lalu, artinya sudah hampir 7 bulan perkara ini tak tuntas.

Hakim sempat mengabulkan permohonan (eksepsi) pengacara Prima Banjarnahor dkk, melalui putusan sela. Tapi jaksa mengajukan banding dan perkara kembali dilanjutkan.

Dalam putusan hakim, hari ini pun, status nenek Esterlan belum jelas karena "Penuntutan tidak dapat diterima".

Miris, proses hukum di negara ini karena melihat kondisi nenek yang sudah renta tak kunjung selesai. Dituduh mencuri 3 ton sawit di atas lahannya, yang tidak diketahui, bahwa lahan tersebut sudah beralih kepada orang lain. Wanita tua ini dijerat pasal 363 KUH pidana tentang pencurian.

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan