Hetanews.com - Selama bertahun-tahun, warga dunia mempercayai bahwa Mesir adalah negara yang punya piramida terbesar di dunia lewat Piramida Giza. Tapi tahukah kamu, bahwa Piramida Giza bukanlah piramida yang paling besar seantero jagat.

Piramida terbesar di dunia ternyata ada di Meksiko. Letaknya tepat berada di Kota San Andres Cholula, Puebla. Lokasi tersebut jaraknya 138 kilometer dari Kota Meksiko.

Piramida Agung Cholula alias Pirámide Tepanapa ini memiliki ketinggian mencapai 55 meter persegi dengan luas 400x400 meter dan volume 4,45 juta kubik meter. Ukuran tersebut hampir dua kali lebih besar dari Piramida Giza.

Great Pyramid ini dibangun sekitar 200 tahun SM atau sekitar 2.300 tahun yang lalu. Piramida tersebut diperluas serta direnovasi beberapa kali selama berabad-abad selama perubahan peradaban, termasuk zaman Olmecs dan Toltecs.

Bukan Mesir, Piramida Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Negara Ini (1)
Piramida Agung Cholula

Pada zamannya, ada lebih dari 100.000 orang tinggal di Piramida Cholula meski Spanyol tiba di tahun 1520. Pada saat itu, piramida sudah tertutup oleh tanan dah tidak terlihat dari pandangan bersama dengan kuil-kuil baru yang dibangun di pinggirannya.

Hernan Cortez, pemimpin penjajahan kerajaan Aztec di Meksiko, bersama dengan anak buahnya juga membantai banyak masyarakat Cholulan. Mereka ingin membuat warga Aztec takut dan tunduk pada mereka.

Penjajah Spanyol tentu tidak mengetahui keberadaan Piramida itu, hingga akhirnya bangunan tersebut kembali ditemukan pada akhir abad ke-19. Sejak saat itu, para arkeolog mulai menggali terowongan untuk menuju ke Piramida Cholula.

Hingga saat ini, Piramida Cholula masih menjadi bangunan terbesar di dunia. Di dalam bangunan juga terdapat 400 kuburan manusia dan beberapa kuburan di lingkungan luarnya. Kini, Piramida Cholula menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Sumber: kumparan.com