Hetanews.com - Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB Transisi mulai tanggal 12 hingga 25 Oktober mendatang. Pemda DKI Jakarta mengatur protokol khusus untuk sektor UMKM, salah satunya dengan menerapkan sistem teknologi agar mengurangi interaksi langsung dengan pelanggan, guna pencegahan virus.

Mendukung para pelaku UMKM untuk aktif menggunakan teknologi digital, HP Inc., salah satu perusahan teknologi informasi terkemuka di dunia menghadirkan blog pelatihan pada situs miliknya.

Melalui blog pelatihan tersebut, HP memberikan beragam panduan, arahan, atau informasi kepada para pegiat UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat membantu menjalankan bisnis mereka.

Berikut beberapa tips dari HP agar para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk tetap dapat mempertahankan bisnis di masa yang sulit terlebih di tengah kebijakan PSBB dan di era new normal saat  ini.

Menjaga kepercayaan dalam tim

Di masa PSBB yang mengharuskan Anda dan tim menjalankan usaha dengan terhalang jarak, menjaga kepercayaan dalam tim menjadi hal penting yang harus dipertahankan.

HP menyarankan agar pelaku usaha dapat bekerja dan berkolaborasi serta tetap menjaga rasa saling percaya dengan membangun budaya yang penuh kepercayaan, integritas, dan saling menghormati di semua level dan bagian divisi pada usaha yang dikelola.

Hal itu bisa dimulai dengan mengkomunikasikan secara jelas dengan anggota tim terkait pekerjaan yang harus diselesaikan hingga merayakan pencapaian bersama untuk mendorong kepercayaan diri tim bahwa bisnis yang dijalankan tetap bisa sukses meskipun bekerja secara jarak jauh.

Tetap produktif dengan teknologi dan perangkat digital

Selain menjaga kepercayaan, menjalankan usaha secara jarak jauh jelas membuat pelaku UMKM membutuhkan teknologi dan perangkat digital untuk tetap produktif.

Mengenai teknologi dan perangkat digital, HP menyarankan untuk melengkapi dengan perangkat ultra-light dan berperforma tinggi sehingga dapat bekerja produktif dengan potensi penuh di rumah. Misalnya dengan pilihan perangkat yang dimiliki HP.

Selain itu, mengamankan informasi yang penting bagi usaha Anda dengan perangkat lunak keamanan terpasang, tombol untuk mematikan webcam (webcam kill-switch), atau fitur-fitur privasi yang terintegrasi dengan perangkat Anda juga penting menjadi pertimbangan.

Lalu, Anda bisa menyesuaikan teknologi dan perangkat digital tersebut dengan tipe penggunanya. Misalnya, workstation untuk kreator dan power user, atau perangkat dengan monitor kedua untuk anggota tim yang menangani beberapa dokumen dan sering menghadiri rapat dan panggilan virtual.

Untuk mendukung operasional produksi, lengkapi bisnis Anda dengan aplikasi Deskera yang menawarkan solusi yang lengkap untuk bisnis skala kecil ke skala menengah. Didirikan pada 2008, Deskera membuat sejumlah perangkat lunak yang berfokus pada penjualan, produk, penggajian, hingga manajemen keuangan.

Bila tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda berkesempatan mendapatkan GRATIS 1 tahun layanan Go Digital Deskera untuk manajemen bisnis UKM, dengan pembelian HP Probook x360 senilai Rp7 Juta!

Foto: dok. situs Deskera

Memanfaatkan platform kolaborasi

Produktivitas dan kebersamaan dapat dibangun dengan menjalin komunikasi dan terus terhubung dengan tim, baik untuk urusan pekerjaan maupun pribadi. Sebagai pelaku usaha, Anda dan tim dapat menggunakan salah satu platform kolaborasi seperti Microsoft Teams yang bisa dimanfaatkan berbagai kalangan usaha.

Pemanfaatan teknologi dan digitalisasi menjadi langkah efektif yang dapat diterapkan para pelaku usaha agar tetap dapat produktif dan beradaptasi dengan perubahan.

Meskipun harus menjalankan usaha dengan terhalang jarak, HP percaya dengan teknologi digital akan membuat pelaku usaha lebih siap untuk menghadapi disrupsi di masa kini maupun masa depan, serta akan bisa keluar dari tantangan ini menjadi lebih kuat dan tahan banting.

Sumber: tribunnews.com