HETANEWS.COM

Kasus Narkotika, Dua Warga Tebing Tinggi Dihukum 5,5 Tahun Penjara di PN Simalungun

Kedua terdakwa mendengarkan vonis dari hakim. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terbukti memiliki 1,57 gram sabu, dua terdakwa, Ahmad Afandi alias Panjul (34) dan M Habibi alias Habib (25), keduanya warga Tebing Tinggi, masing - masing diganjar 5,6  penjara, denda Rp 900 juta, subsider 6 bulan, di sidang online Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Selasa (20/10/2020).            

Vonis hakim, pimpinan Hendrawan Nainggolan, lebih ringan dari tuntutan jaksa, Juna Karo Karo SH, yang sebelumnya menuntut pidana penjara selama 6 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara.

Kedua terdakwa dinyatakan bersalah, melanggar pasal 112 (1) UU RI No.36/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika.

Faktanya, kedua terdakwa ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun, pada Sabtu, 18 April 2020 lalu, pukul 11.00 WIB, di dekat Taman Bunga Tebing Tinggi.

Penangkapan kedua terdakwa, berdasarkan pengembangan kasus yaitu setelah tertangkapnya terdakwa Alfredo Hutagalung (sudah dihukum 4,5 tahun).            

Setelah Alfredo tertangkap, ia diperintahkan polisi memesan kembali sabu dari Ahmad Afandi, dengan cara menelepon. Lalu disepakati bertemu di dekat taman bunga.             

Ketika terjadi transaksi, polisi yang berada di dalam satu mobil Toyota Calya dengan Alfredo, langsung menangkap kedua terdakwa dan bersama barang bukti sabu 1,57 gram dan sebuah handphone Samsung, diboyong ke Polres Simalungun untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.                

Didampingi pengacara dari Posbakum PN Simalungun, kedua terdakwa dan juga jaksa, diberikan waktu 7 hari untuk pikir - pikir, menerima ataupun banding atas vonis hakim tersebut. Persidangan dibantu panitera, Jonni Sidabutar, dinyatakan selesai dan ditutup.

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan