HETANEWS.COM

Pengemudi Mobil yang Halangi Ambulans di Mojokerto Ditilang

Sopir mobil yang menghalangi laju ambulans

Mojokerto, hetanews.com - Mobil Toyota Kijang Innova viral di medsos gara-gara menghalangi ambulans, yang mengevakuasi dua korban kecelakaan di kawasan wisata Pacet, Kabupaten Mojokerto. Akibat perbuatannya, sopir Innova tersebut diberi sanksi tilang oleh polisi.

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Randy Asdar mengatakan, pihaknya bergerak cepat mengidentifikasi mobil Innova dalam video viral tersebut. Anggotanya pun melacak pemilik mobil warna hitam itu dari pelat nomor polisinya. Yakni L 1597 RX.

"Itu kendaraan rental yang disewa orang yang ada kegiatan di Pacet. Kami telepon pemilik kendaraan rental dan kami dihubungkan dengan sopirnya," kata Randy saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (20/10/2020).

Sopir mobil Innova tersebut adalah Ali Nurohmad (50), warga Desa Barong Sawahan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. Saat kejadian, Ali sedang mengantarkan penyewa mobil dari Pacet menuju ke Jombang.

Randy telah mendatangkan Ali dan perwakilan Relawan Welirang Rescue ke Kantor Satlantas Polres Mojokerto di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari pada Senin (19/10) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Dia tetap kami tindak sesuai aturan," terangnya.

Untuk menghukum sopir Innova tersebut, Randy berpedoman pada UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 134 UU tersebut tegas mengatur jenis kendaraan yang mendapatkan hak utama untuk didahulukan saat di jalan. Yakni mobil pemadam kebakaran pada urutan pertama, disusul ambulans yang mengangkut orang sakit pada urutan kedua.

Sanksi terkait pelanggaran Pasal 134, lanjut Randy, diatur dalam Pasal 287 ayat (4) di UU yang sama. Maka sopir Innova terancam hukuman pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

"Sopir Innova kami beri sanksi tilang sesuai pelanggarannya tersebut," jelasnya.

Belajar dari insiden ini, Randy mengajak seluruh pengguna jalan untuk mematuhi UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Bagi para pengguna jalan, masalah keselamatan berlalu lintas tetap kita prioritaskan. Hak utama bagi ambulans dan damkar tolong diberi prioritas. Karena tak mungkin mereka menggunakan sirine tanpa tujuan," lanjutnya.

Video momen ambulans Relawan Welirang Rescue dihalangi mobil saat mengevakuasi korban kecelakaan viral di medsos, setelah diunggah akun Facebook Krewoel Enamsembilan pada Minggu (18/10). Video berdurasi 36 detik ini direkam dari dalam mobil ambulans.

Terdengar sirine ambulans tersebut menyala kencang. Sopir ambulans berusaha menyalip mobil Toyota Kijang Innova hitam di depannya sambil berulang kali membunyikan klakson. Namun, mobil nopol L 1597 RX itu enggan menepi.

sumber: detik.com

Editor: Sella Simorangkir.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan