HETANEWS.COM

Kerangka Manusia Ini Dibunuh dengan Cara Paling Sadis dalam Sejarah

Kerangka pria yang ditemukan di Milan, Italia.

Hetanews.com - Tim arkeolog dari University of Milan menemukan sebuah kerangka pria yang berumur ratusan tahun. Ilmuwan yakin pria ini mati karena disiksa dengan cara paling sadis sepanjang sejarah manusia.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kerangka manusia berjenis kelamin pria tersebut mengalami luka yang simetris pada kedua tangan dan kakinya. Hal ini mengindikasikan bahwa luka tersebut adalah hasil kesengajaan.

Peneliti yakin bahwa pria malang itu meninggal setelah disiksa dengan sebuah alat penyiksaan bernama The Wheel. Alat penyiksaan ini memang banyak digunakan di Eropa hingga abad ke-16.

The Wheel berfungsi untuk menghancurkan atau memutus tubuh korbannya. Nama The Wheel muncul dari bentuknya yang lingkaran, mirip sebuah roda.

Kerangka Manusia Ini Dibunuh dengan Cara Paling Sadis dalam Sejarah (1)
Ilustrasi penyiksaan dengan roda kayu alias the wheel.

Cara kerjanya cukup sederhana. Seorang algojo akan menjatuhkan The Wheel yang terbuat dari kayu ke tubuh korbannya. Lalu, roda akan digerakkan untuk menghancurkan bagian-bagian tubuh korban.

Setelah itu, algojo akan mengikat bagian tubuh korban ke roda. Korban yang sudah tidak berdaya kemudian lanjut disiksa dengan pisau, cambuk, atau besi panas.

Sehabis sesi penyiksaan itu, roda beserta si korban yang sekarat akan digantung di sebuah tiang. Ini bisa berlangsung berhari-hari hingga si korban meninggal atau akhirnya dieksekusi mati secara langsung.

Biasanya, penyiksaan ini sering diberikan kepada mereka yang melakukan tindakan kriminal paling mengerikan. Tapi, di Italia utara, tempat temuan kali ini, jenis penyiksaan ini biasanya diberikan pada orang yang dicurigai sebagai penyebar penyakit.

“Korban the wheel ini bisa saja dianggap berbeda oleh orang sezamannya, dan mungkin diskriminasi ini yang menjadi penyebab ia disiksa sampai meninggal, karena ia mungkin dituduh sebagai penyebar penyakit,” tulis para peneliti, seperti dilansir IFL Science.

Kerangka Manusia Ini Dibunuh dengan Cara Paling Sadis dalam Sejarah (2)
Ilustrasi kerangka manusia.

Sadisnya lagi, hasil analisis forensik terhadap tengkorak pria malang itu mengungkap adanya patahan linier. Menurut para peneliti, ini adalah akibat trauma senjata berat dan mengungkap kemungkinan ia dipenggal dengan tidak benar oleh algojonya.

Jika hipotesis ini benar, maka tim peneliti bisa dibilang menemukan hal yang luar biasa. Sebab, ini bisa dibilang sebagai bukti arkeologi pertama manusia yang disiksa dengan the wheel.

Sumber: kumparan.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan