HETANEWS.COM

Miliki Sabu dan Ganja, Pemain Sexophone Terancam 6 Tahun Penjara

Martipan di depan layar saat mengikuti proses persidangan online di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Seorang pemain musik saxophone, Martipan Sianipar (50), warga Hutabayu Raja, Kecamatan Hutabayu, Kabupaten Simalungun, dituntut pidana penjara selama 6 tahun, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara.

Surat tuntutan jaksa, dibacakan dalam persidangan online PN Simalungun, Senin (19/10/2020), di Pengadilan Negeri Simalungun.          

Menurut jaksa Barry Sugiarto Sihombing SH, terdakwa terbukti memiliki narkotika jenis sabu dan ganja. Terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.            

Didampingi pengacaranya dari Posbakum, terdakwa memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan dengan alasan menyesal dan berjanji tidak mengulanginya. Barang bukti, 4 gram sabu dan 2 paket ganja, dinyatakan dimusnahkan.           

Berdasarkan fakta persidangan, keterangan saksi-saksi, membenarkan telah menangkap terdakwa, pada Senin, 1 Mei 2020 lalu, pukul 00.00 WIB, di teras rumahnya.

Dari dalam saku celana sebelah kiri terdakwa, ditemukan dua plastik bening berisi sabu, dan dari atas rak sepatu juga ditemukan tupperware berisi sabu dan uang Rp1.150.000, beserta 2 paket ganja yang ditemukan dari atas kosen rumah terdakwa.             

Keterangan dua saksi dari kepolisian, dibenarkan oleh terdakwa Martipan. Dia juga mengaku membeli sabu seharga Rp 4 juta dari Alvin (DPO). Sedangkan ganja, ia beli dari marga Manurung seharga Rp 20 ribu.             

Kata terdakwa sabu sebanyak itu akan digunakannya sendiri karena ia bekerja sebagai pemusik sexofon, di acara pesta.

"Saya pemain musik pesta pak, jadi biar tambah semangat mainkan musik sexofon, terpaksa pakai sabu dan biar selera makan harus hisap ganja, pak hakim," katanya di depan persidangan kala itu.              

Persidangan dipimpin hakim, Hendrawan Nainggolan, ditunda seminggu untuk pembacaan vonis.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan