HETANEWS.COM

Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk Lokasi Wisata

Danau Toba, Sumatera Utara, satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas. Foto: Kempupera

Medan, hetanews.com - Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) akan melakukan penyekatan di setiap pintu masuk di kabupaten maupun kota yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan panjang di daerah wisata.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Aris Yudhariansyah mengatakan, pengetatan di setiap pintu masuk oleh Satgas di daerah wisata untuk mengantisipasi menekan penyebaran kasus positif Covid-19.

"Pengetatan ini dibarengi dengan melakukan edukasi terhadap wisatawan maupun masyarakat di daerah pariwisata, supaya menerapkan protokol kesehatan," ujar Aris Rudhariansyah, Senin (19/10/2020).

Aris yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut ini menambahkan, protokol kesehatan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi bagi wisatawan maupun masyarakat di daerah pariwisata.

"Satgas Penanganan Covid-19 Sumut hanya melakukan penyekatan dalam memperketat pintu masuk di setiap daerah wisata yang ramai atas kunjungan masyarakat. Ini demi kenyamanan bersama," katanya.

Pengetatan dan penyekatan ini dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh wisatawan di setiap pintu masuk, wajib menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun di wadah yang sudah disiapkan pemerintah.

Menurutnya, upaya penyekatan dalam rangka memperketat pintu masuk daerah pariwisata, dan mengantisipasi penyebaran virus corona, sudah dilakukan di pintu masuk wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir.

"Penyekatan juga dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 di setiap pintu masuk Kepulauan Nias, yang meliputi Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, dan Kota Gunung Sitoli," jelasnya.

Satgas juga mengedukasi wisatawan dan masyarakat supaya tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M) dan tidak melakukan kerumunan, agar terhindar dari penularan virus.

Untuk di Sumut, total ada sebanyak 217 destinasi wisata yang sudah dibuka untuk umum. Lokasi wisata favorit yang paking banyak dikunjungi wisatawan adalah kawasan pariwisata Danau Toba.

Selain Danau Toba, lokasi wisata di Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, lokasi wisata pantai di Kabupaten Serdang Bedagai, Danau Siombak di Medan Utara, Istana Maimun Medan, wisata Tangkahan di Langkat, juga ramai dikunjungi.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan