HETANEWS.COM

Bawaslu Panggil ASN Ikut Cabup Barru Suardi Joget Berkerumun-Tak Bermasker

Cabup Barru, Suardi Saleh berjoget di tengah pesta tanpa mengenakan masker.

Barru, hetanews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengusut oknum aparatur sipil negara (ASN) yang ada di dalam video viral Calon Bupati Barru Suardi Saleh berjoget di kerumunan dan tidak bermasker. Oknum ASN tersebut akan dipanggil.

"Besok, kita jadwalkan pemanggilan terhadap oknum PNS ang dimaksud," ujar Ketua Bawaslu Barru M Nur Alim kepada wartawan, Senin(19/10/2020).

Diketahui, oknum ASN yang ada dalam video tersebut berinisial ZZ. Selain akan memanggil ZZ, sejumlah orang yang ada di video viral tersebut juga akan dipanggil.

"Termasuk yang mengunggah pertama (video) dan yang memegang keyboard elekton, dan ibu-ibu yang diduga berjoget," katanya.

Nur Alim mengatakan Bawaslu akan melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak yang dipanggil dalam video viral tersebut. Jika ditemukan indikasi pelanggaran, maka Bawaslu akan meneruskannya ke polisi.

"Jika tidak terpenuhi kita hentikan, tetapi karena ini adalah ASN ada dua duagaan pelanggaran yang dilanggar , disamping ada pelanggaran Pidana ranahnya sentra Gakumdu penentuan unsurnya, tetapi ada domainnya Bawaslu di dalam terkait netralitas ASN-nya, apakah kami teruskan ke KASN jika terbukti," tuturnya.

Terkait adanya dugaan kampanye Petahana dalam Hajatan tersebut, Nur Alim tidak ingin berspekulasi lebih jauh.

"Itulah kami telusuri, apakah calon ini yang aktif menyerukan atau tidak, jika iya berarti dia kampanye di luar jadwal. Yang disebut kampanye itu mengumpulkan orang apakah dia yang mengumpulkan orang di pangantin, itu yang mengundang orang di pengantin dia atau bukan," jelasnya.

Sumber: detik.com

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan