Jakarta, hetanews.com - Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta mengaku sedang menyelesaikan rekomendasi untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Rekomendasi terkait penanganan banjir itu ditargetkan selesai akhir bulan ini.

"Pansus Banjir Insyaallah akan bekerja cepat (akhir) bulan ini kami akan memberikan rekomendasi. Baik program bagaimana, maupun anggaran bagaimana," ucap Ketua Pansus Banjir, Zita Anjani, kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (19/10/2020).

Menurut Zita, rekomendasi dari pansus merupakan bentuk kerja dari DPRD DKI Jakarta untuk menangani banjir. Meskipun, tindakan akhir tetap di tangan eksekutif.

"Sehingga, hasil rekomendasi bisa dibaca publik, dan DPRD tak disalahkan karena DPRD telah bekerja maksimal. Sudah adakan pansus, undang expert, dan membuat rekomendasi. Tapi tetap yang menjalankan adalah eksekutif sehingga kuncinya tetap di Pak Gubernur (Anies Baswedan)," ujar Wakil Ketua DPRD tersebut.

Rekomendasi itu berisi apa saja yang perlu dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi banjir. Meski rekomendasi belum final, Zita menyebut salah satu masalah pengendalian banjir adalah masterplan penanganan banjir.

"Bukan masterplan infrastruktur, kalau infrastruktur itu ada di RPJMD. Masterplan yang kita gunakan itu tahun 73, kita belum ada masterplan yang integrated. Misalnya beli pompa, beli TOA, pelebaran lahan, itu apa dampaknya? Tidak ada indikator keberhasilan," katanya.

sumber: detik.com