HETANEWS.COM

Dua Terdakwa Pencuri Sawit Akui Sudah Pernah Dipidana Kasus Perampokan

Proses sidang online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua terdakwa, Prawira Jaya (54) dan Supriadi Sinaga alias Kibul (47), didakwa melakukan pencurian buah kelapa sawit milik PTPN IV Bah Jambi.

Keduanya dihadapkan ke persidangan online Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (19/10/2020) oleh jaksa Ade Jaya Ismanto SH.

Agenda persidangan, siang tadi, mendengarkan keterangan saksi-saksi dan sekaligus keterangan para terdakwa.

Di depan persidangan, yang dipimpin ketua majelis hakim, Roziyanti SH, para saksi membenarkan, jika kedua terdakwa melakukan pencurian, bersama 11 orang lainnya (DPO), pada Kamis, 9 Juli 2020 lalu, pukul 22. 00 WIB, di peron PKS Bah Jambi.                

Sebelumnya, para terdakwa, bersama tersangka lainnya yang belum tertangkap, merencanakan pencurian itu di dalam warung milik marga Butarbutar, di perumahan Afdeling I PTPN IV Bah Jambi, Nagori Bah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja. Dua anggota TNI yang dipekerjakan sebagai pengamanan kebun berhasil menangkap kedua terdakwa, sementara sebelas tersangka lainnya, berhasil melarikan diri.

Jaksa menjerat terdakwa pertama melanggar pasal 111 UURI No 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Kedua melanggar pasal 107 huruf 4 UURI No 39 tahun 2014 tentang perkebunan jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP dan ketiga pasal 363 ayat (1) ke 3,4,5 KUH Pidana.                    

Kedua terdakwa, warga Nagori Syahkuda dan Nagori Bah Joga, membenarkan keterangan para saksi. Juga mengakui, jika sebelumnya sudah pernah dipidana dalam kasus pencurian dan perampokan.

Akibat perbuatan para terdakwa, perkebunan dirugikan Rp 7.794.330. Persidangan ditunda hingga Senin mendatang untuk mendengarkan tuntutan jaksa.

"Untuk pembacaan tuntutan jaksa, sidang ditunda hingga Senin mendatang,"kata hakim Roziyanti.

                    

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan